Alat-Musik-Tradisional-Angklung
Berita

Alat Musik Tradisional dari Indonesia

Alat-Musik-Tradisional-Angklung

Indonesia menjadi salah satu negara yang dikenal dengan kekayaannya, baik dari segi flora, fauna, bahasa, budaya, dan lain sebagainya. Dilihat dari segi musik, Indonesia memiliki beberapa alat musik tradisional yang sudah banyak dikenal hingga mancanegara. Alat musik tersebut berasal dari beberapa daerah di Indonesia. Beberapa diantaranya sudah dipelajari oleh masyarakat umum, bahkan tidak sedikit masyarakat dunia yang juga datang ke Indonesia untuk mempelajari alat musik tersebut.

Jenis Alat Musik Tradisional dari Indonesia

Berikut ini adalah beberapa alat musik tradisional yang dapat Anda jumpai:

  • Angklung

Alat musik yang satu ini merupakan salah satu alat musik yang memiliki nada ganda. Alat musik yang satu ini sangat terkenal di Indonesia dan banyak digunakan untuk mengiringi musik tradisional. Alat yang satu ini dibuat dengan bambu dan memiliki suara yang sangat khas. Tidak hanya dikenal di Indonesia, angklung juga sudah menyita perhatian banyak orang di beberapa negara. Alat musik yang satu ini juga sudah terdaftar sebagai warisan budaya lisan dan nonbendawi manusia oleh UNESCO pada tahun 2010.

  • Calung

Sama halnya dengan angklung, calung dibuat dengan menggunakan bambu. Perbedaan antara angklung dan calung adalah cara memainkannya. Jika angklung dimainkan dengan digoyangkan, maka calung dimainkan dengan ditabuh di setiap ruasnya. Pada dasarnya, ada dua jenis calung yaitu calung rantay serta calung jinjing.

  • Gendang

Alat musik yang sangat terkenal ini dimainkan dengan cara ditabuh. Gendang akan mudah Anda temukan di Jawa tengah dan Jawa barat. Genre musik dangdut juga kerap menggunakan gendang sebagai salah satu alat musik yang mengiringinya. Gendang sangat mendukung dalam mengatur irama, tempo, serta biasanya akan terdengar saat intro. Gendang dibuat dengan menggunakan kayu nangka, campedak, atau kayu kelapa. Kulit yang digunakan bisa berasal dari kulit kerbau atau kulit kambing. Talinya biasa terbuat dari rotan atau tali kulit.

Demikian merupakan beberapa alat musik tradisional dari Indonesia.

Related posts: