Kesehatan

Ambilah Jeda, Jangan Langsung Berdiri dan Berlari

Kebiasaan merupakan kegiatan yang sering kita lakukan, bahkan biasanya Anda melakukannya secara rutin setiap hari. Ada dua kebiasaan, yaknik kebiasaan baik dan kebiasaan buruk. Untuk kebiasaan baik, hendaklah terus kita jaga dan sebisa mungkin untuk kita lakukan secara terus-menurus. Berkebalikan dengan kebiasaan baik, kebiasaan buruk merupakan suatu hal yang harus Anda hentikan. Walaupun merubah kebiasaan bukanlah suatu hal yang mudah, akan tetapi Anda harus mencoba untuk merubahnya agar keselamatan Anda tidak terancam. Apakah Anda merupakan seseorang yang memiliki kebiasaan ketika bangun Anda langsung berdiri dan melakukan aktifitas? Kebiasaan ini biasanya dialami oleh orang yang tidak tepat waktu. Ketika alarm Anda berdering dan Anda menyadari bahwa Anda terlambat untuk bekerja ataupun berangkat sekolah, Anda pasti akan langsung bangun dari tempat tidur sesegera mungkin dan melakukan aktifitas lainnya. Jika Anda memiliki kebiasaan seperti itu, sebaiknya Anda harus segera mungkin merubah kebiasaan tersebut. Karena hal tersebut merupakan salah satu contoh kebiasaan buruk.

Bahaya Langsung Berdiri Setelah Bangun Tidur

Langsung berdiri dan melakukan aktifitas setelah Anda bangun tidur merupakan hal yang sangat berbahaya. Tahukah Anda? Langsung berdiri setelah Anda bangun dapat menyebabkan berbagai penyakit dalam diri Anda seperti sakit kepala, jantung berdebar-debar, dislokasi tulang punggung, hingga hilangnya kesadaran dalam diri Anda. Mengapa hal ini bisa terjadi? Pada saat Anda tidur, semua anggota tubuh Anda dalam keadaan rileks, dan darahpun mengalir secara teratur dari otak hingga kaki Anda. Nah, apabila Anda langsung berdiri setelah bangun tidur, darah yang ada dibagian atas tubuh Anda akan langsung terlempar kebawah atau kebagian kaki. Hal ini menyebabkan otak Anda akan kekurangan darah dan oksigen yang akan menyebabkan Anda menjadi pusing bahkan hilangnya kesadaran Anda atau pingsan! Selain darah diotak, aliran darah dijantung Anda juga akan terganggu hingga memaksa jantung Anda untuk memompa darah lebih cepat agar kebutuhan darah dijantung dapat terpenuhi. Selain itu, gerakan berdiri tiba-tiba dapat menyebabkan pinggul Anda bergeser.

Sangat mengerikan bukan? Oleh karena itu, biasakanlah untuk berdiam diri sejenak setelah Anda bangun. Setelah Anda membuka mata, Anda dapat berdiam diri dalam keadaan berbaring selama kurang lebih lima menit. Setelah itu, Anda dapat duduk ditempat tidur selama kurang lebih tiga menit. Akan lebih baik lagi apabila Anda menyiapkan air putih hangat disamping tempat tidur Anda dan meminumnya setelah Anda bangun tidur. Setelah itu, barulah Anda berdiri dan melakukan aktifitas lainnya. Ingatlah, tidur merupakan hal yang Anda lakukan setiap hari. Apabila Anda memiliki kebiasaan buruk saat bangun tidur, sama saja dengan melakukan kebiasaan buruk setiap hari.

Related posts: