bayi-demam
Kesehatan

Atasi Demam Bayi Setelah Diimunisasi

bayi-demam

Imunisasi adalah sebuah upaya memasukkan vaksin tertentu ke dalam tubuh. Imunisasi ini biasanya dilaksanakan pada masa balita. Tujuan dari imunisasi adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Balita yang tidak diimunisasi dapat dipastikan tidak lebih tahan terdapat penyakit.

Sebagai orang tua yang sangat mencintai anaknya, Anda wajib memberikan imunisasi. Imunisasi ini bisa dilaksanakan di posyandu, puskesmas, bidan maupun rumah sakit. Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa imunisasi dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, vaksin yang digunakan juga sudah teruji keamanan dan kehalalannya atau dapat dikatakan sudah teruji secara klinis. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir lagi mengenai keamanan imunisasi.

Upaya Menurunkan Demam Setelah Diimunisasi

Imunisasi sebenarnya sudah digratiskan oleh pemerintah di seluruh wilayah Indonesia. Namun, hingga saat ini masih banyak balita yang tidak mendapatkan imunisasi. Hal ini dipengaruhi banyak faktor. Salah satunya adalah orang tua yang enggan. Ada beberapa orang tua yang tidak mengantarkan anaknya imunisasi dengan alasan anak akan demam dan rewel setelah diberikan vaksin.

Demam memang merupakan salah satu efek samping dari imunisasi. Walaupun begitu, Anda tetap wajib memberikan imunisasi pada anak karena efek jangka panjang yang lebih penting. Tidak semua imunisasi menimbulkan deman pada bayi. Selain itu, ada juga cara untuk mengatasi bayi demam setelah diimunisasi. Anda bisa menerapkan hal-hal berikut:

  • Memakai pakaian berbahan sejuk

Pakaian sejuk pada bayi dapat melancarkan sirkulasi udara dalam tubuhnya setelah diimunisasi.

  • Tingkatkan konsumsi ASI

Bagi bayi, ASI adalah makanan yang paling sehat dan paling aman dikonsumsi. ASI yang banyak akan menggantikan cairan yang keluar sehingga mencegah dehidrasi. Oleh karena itu deman bisa cepat disembuhkan.

  • Kompres dengan air hangat

Air hangat berfungsi sebagai relaksasi dan membuka pori-pori kulit. Hal ini akan menyebabkan turunnya panas atau demam pada bayi.

  • Kompres bekas suntikan dengan air dingin

Bekas suntikan menyumbang sebagai penyebab demam anak setelah diimunisasi terlebih lagi jika bekas suntikan membengkak. Mengompres dengan air dingin membuat pembengkakan berkurang.

Related posts: