255562_8c642d48-b4bd-11e4-892d-56f84908a8c2
Gaya Hidup

Awal Kemunculan Jaket Kulit Modern

255562_8c642d48-b4bd-11e4-892d-56f84908a8c2

Berbincang mengenai fashion, mode fashion masyarakat dunia selalu berubah seiring dengan berjalannya waktu. Fashion yang berhubungan erat dengan pakaian sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Dalam kurun waktu yang begitu lama, model pakaian yang dipakai masyarakat selalu berubah setiap jamannya. Namun, jaket kulit menjadi salah satu model pakaian yang masih ada hingga saat ini. Padahal, jaket berbahan kulit sudah ada sejak ribuan tahun lalu mengingat manusia purba memanfaatkan kulit hewan untuk melindungi dan menghangatkan tubuh mereka.

Sejarah Singkat Munculnya Jaket Kulit

Menarik sejarah mulainya penggunaan jaket berbahan kulit sebenarnya sudah ada sejak ribuan tahun lalu seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Manusia terdahulu menggunakan kulit binatang untuk membuat jaket kulit. Namun, jaket yang mereka gunakan tentu sangat berbeda dari jaket berbahan kulit yang kita kenal saat ini. Cikal bakal munculnya jaket berbahan kulit modern akan dijelaskan secara singkat pada ulasan di bawah ini.

Perang Dunia 1

Menurut buku The Book Leather Jacket yang ditulis oleh Mick Farren menyebutkan bahwa awal mula kemunculan jaket berbahan kulit modern adalah saat Perang Dunia 1 berlangsung. Jaket berbahan kulit digunakan oleh pilot pesawat tempur Jerman sebagai pelindung dari dinginnya udara ketika perang berlangsung. Berawal dari hal tersebut, kemudian muncul merek jaket berbahan kulit pertama yaitu Perfecto. Jaket berbahan kulit ini dilengkapi dengan desain menarik dan memiliki resleting yang nantinya akan menginspirasi desain jaket berbahan kulit modern.

Perang Dunia 2

Ketika Perang Dunia 2 mencetus, tentara dan pimpinan pasukan Jerman kembali menggunakan jaket berbahan kulit ketika berperang. Pada saat tersebut jaket berbahan kulit di desain dengan model sedemikian rupa yang menunjukkan otoritas atau kekuasaan bagi pemakainya. Mereka yang memiliki pangkat tinggi akan mengenakan jaket berbahan kulit dengan desain yang sangat bagus, mewah, dan menawan.

Tahun 1950

Setelah perang usai, pada tahun 1950 jaket berbahan kulit kembali dikenal akibat dari salah satu film yang karakternya menggunakan jaket berbahan kulit. Jaket berbahan kulit memiliki image bad boy, karena karakter pada film tersebut juga memiliki sifat bad boy. Seiring berjalannya waktu, jaket berbahan kulit kemudian banyak dipakai oleh anggota geng motor, dan anak-anak band. The Beatles, Ramones, dan The Sex Pistols adalah band-band legendaris yang sering memakai jaket kulit.

Related posts: