kesehatan-jantung
Kesehatan

Ayo Sayangi Jantung Anda Sedari Sekarang

kesehatan-jantung

Penyakit jantung termasuk ke dalam golongan penyakit yang paling mematikan di seluruh dunia. Mengingat bayaknya kasus kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung membuat sebagian orang merasa khawatir. Terutama bagi mereka yang memiliki risiko terkena penyakit jantung maupun yang sudah menderita penyakit jantung. Penyakit ini dapat menyerang siapa pun tanpa memperdulikan suku, ras, gender, maupun agama tertentu. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk mengetahui cara merawat jantung agar tetap sehat.

Tips Menjaga Kesehatan Jantung

  • Atur pola makan Anda

Kebanyakan penyakit jantung seperti jantung koroner timbul akibat pola makan yang tidak dijaga. Kebiasaan makan makanan yang mengandung lemak maupun kolesterol yang tinggi dikaitkan erat dengan timbulnya masalah atau gangguan pada jantung. Sebaiknya pilihlah makanan yang tidak mengandung lemak jahat, makanan yang berserat, maupun makanan dengan kadar gizi yang tinggi.

  • Lakukan aktivitas fisik secara teratur

Aktivitas fisik yang rutin dilakukan akan memperlancar peredaran darah. Hal tersebut tentu akan mempermudah kerja jantung untuk mengalirkan atau memompa darah ke seluruh tubuh. Selain itu aktivitas fisik ataupun olahraga yang dilakukan juga dapat mengurangi timbulnya plak di pembuluh darah sehingga memperlancar aliran darah.

  • Hindari rokok

Merokok merupakan salah satu faktor risiko dari terjadinya penyakit jantung. Oleh karena itu, hendaknya Anda menghindari dari rokok baik sebagai perokok aktif maupun sebagai perokok pasif. Bahan kimia yang terdapat dalam rokok dapat menyebabkan gangguan dalam peredaran darah yang pada akhirnya akan menyebabkan kerusakan pada organ jantung.

  • Hindari Obesitas

Obesitas atau biasa disebut dengan kegemukan juga merupakan salah satu dari faktor risiko timbulnya penyakit jantung. Obesitas menyebabkan penumpukan plak pada pembuluh darah yang menyebabkan menyempitnya saluran pembuluh darah. Hal itu menyebabkan jantung harus memompa darah lebih kuat lagi untuk mencapai organ target. Akibatnya jantung akan lebih cepat mengalami kerusakan.

Demikianlah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menjaga jantung Anda. jantung merupakan organ yang sangat penting di dalam tubuh termasuk salah satu fungsinya dalam sistem kardiovaskuler. Oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk menjaga kesehatan jantung. Sayangi jantung Anda untuk hidup yang lebih baik nantinya.

Related posts: