Bahaya Asap Rokok Bagi Kesehatan

tips kesehatanMerokok merupakan salah satu kegiatan yang bisa dikatakan nikmat namun mengganggu. Mengapa? Karena nikmat bagi penghisapnya, namun mengganggu orang yang ada di sekitarnya. Bahkan menurut penelitian, seseorang yang sering dekat dengan seorang perokok biasanya memiliki resiko terhadap penyakit yang mungkin disebabkan oleh asap rokok seperti paru-paru, infeksi saluran pernafasan, sampai dengan kematian. Di Indonesia sendiri, perokok menduduki peringkat yang sangat tinggi. Dan rokok merupakan salah satu penyumbang terbesar devisa negara. Jadi statusnya sangat membingungkan. Di satu sisi rokok ini memiliki peran penting bagi negara, namun di satu sisi sebenarnya rokok memilki kandungan berbahaya yang bisa melenyapkan manusia begitu saja termasuk dengan mereka yang tidak merokok tapi terkena dampaknya. Nah, bagi Anda yang berada di lingkungan perokok ada baiknya untuk Anda menghindari mereka demi kesehatan Anda. Karena pada dasarnya tanpa menghirup pun, ketika Anda berdekatan dengan asap mereka. Anda bisa terkena dampaknya, seperti apakah bahaya-bahaya dari asap rokok? Berikut ini penjelasannya.

5 Diantara Banyaknya Resiko Asap Rokok Bagi Kesehatan

Banyaknya kasus yang memberitakan bahwa kematian yang disebabkan oleh rokok semakin meningkat, membuat Anda harus memahami. Sebenarnya penyakit apa saja sih yang akan ditimbulkan oleh asap dari seorang perokok. Penyakit pertama yang sering menyerang adalah penyakit paru-paru. Asap rokok bisa membuat perubahan pada struktur dan fungsi saluran nafas pada paru-paru. Sehingga terjadilah penumpukan lendir yang akhirnya menyebabkan rusaknya alveoli. Dimana paru-paru menjadi menghitam dan tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Kemudian Anda juga bisa terkena penyakit jantung koroner. Penyakit ini terjadi karena adanya penyumbatan parsial dari aliran darah ke jantung. Penyebab utamanya adalah kandungan nikotin dan juga  karbon monoksidanya. Yang mana asap dari kandungan tersebut mengganggu ritme pacu dari jantung. Sehingga pembuluh darah menjadi tersumbat, dan akhirnya pasokan oksigen yang masuk kedalam jantung untuk memompa berkurang dan bisa merambat pada penyakit lainnya seperti kekurangan HB darah.

Selain kedua penyakit tersebut tentu Anda sudah tahu apa sajakah penyakit yang akan muncul ketika asap rokok terhirup. Anda bisa merusak otak, mendapatkan kanker mulut, kerongkongan dan bagian saluran pembuangan air besar, serta masih banyak lagi.  

Related posts:

admin