Budidaya Tanaman Sederhana Dengan Sistem Hidroponik

tanaman hidroponikTanaman hidroponik yaitu budidaya tanaman tanpa membutuhkan media tanah, biasanya hanya menggunakan larutan nutrisi air sebagai pengganti media tanah. Tidak hanya media air sebagai media utamanya tetapi tanaman ini juga butuh media lain seperti penggunaan batu, spons, arang sekam, kerikil, pasir, expanded clay, serbuk kayu, perlite, dan bahan lain yang tidak susah ditemukan. Jenis dari tanaman yang dapat dibudidayakan secara metode ini pun sangat beragam, tetapi banyak orang menanam sayur-sayuran seperti cabai, paprika, tomat, melon, terong, sawi, selada dan banyak lagi tanaman lainnya.

Hidroponik, Budidaya Penanaman Sederhana

Tanaman metode ini biasanya dilakukan pada skala kecil untuk pemenuhan kegemaran atau hobi, tetapi budidaya ini juga bisa mempunyai nilai komersial cukup tinggi. Layaknya prinsip bertanam lainnya, metode bertanam hidroponik tidak luput dari pemenuhan unsur nutrisi untuk tanaman. Tanaman tipe metode budidaya ini dapat tumbuh subur jika ada cukup nutrisi. Tanah memang menyediakan nutrisi dan menyangga tanaman. Tetapi metode ini pun dapat menyediakan nutrisi. Keuntungan yang didapat dari metode ini antara lain yaitu tidak butuh media tanah, mudah dalam pengendalian nutrisi sehingga efisien, perputaran sirkulasi yang diterapkan tidak menghasilkan unsur polusi terhadap lingkungan, hasil tanaman cukup memuaskan, pemanenan lebih mudah, lebih steril juga bersih, bebas dari tanaman pengganggu atau gulma, media tanam bisa digunakan selama bertahun-tahun, dan keuntungan utama lainnya yaitu tanaman dapat tumbuh cepat.

Bagi Anda yang ingin memanfaatkan teknik ini sebagai hiasan, gunakan pot yang bersih untuk menghiasi taman Anda. Metode penanaman dari metode ini mempunyai beberapa cara yaitu kultur statis air, continuous flow solution, deep culture water, aeroponics, run waste, bioponic dan banyak lagi cara lainnya. Tetapi cara yang banyak dipakai yaitu kultur agregat dengan pemanfaatan arang, pasir, spons, kerikil dan bahan lain yang disterilkan dahulu, cara lain yaitu hidroponik air, metode ini penanaman dilakukan pada media tanam yang bagian atas diletakkan sebuat larutan hara yang nantinya akar dari tanaman akan bersentuhan dan menyerap larutan nutrisi.

Related posts:

admin