Cara Merawat Printer Sablon Kaos DTG

sablon kaosBagi Anda yang berbisnis dalam bidang jasa sablon kaos DTG, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan dalam perawatan mesin tersebut. Mesin DTG yang tidak dirawat dengan baik akan berdampak buruk pada kualitas hasil cetak sablon, membuat penyablonan menjadi tidak stabil, atau membuat mesin DTG Anda cepat rusak. Perawatan mesin ini tidaklah sulit. Walaupun begitu, tetap ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam merawatnya. Di antaranya kami urai di bawah ini.

Bagaimana Cara Merawat Printer Sablon Kaos DTG?

Pertama, perhatikan suhu udara tempat Anda meletakkan printer DTG Anda. Pastikan suhunya antara 25 derajat celcius sampai 28 derajat celcius, dengan kelembaban udara antara 55 persen sampai 65 persen, saat keadaan mesin terpakai maupun mati. Hal ini sangat penting karena tinta printer DTG bukan tinta kertas seperti biasanya. Tinta ini akan menjadi seperti karet apabila kering atau terkena panas berlebih. Lakukan head cleaning dan nozzle check secara rutin apabila mesin dengan tinta putih Dupont USA telah didiamkan selama 3 jam. Ratakan larutan tinta putih setiap satu jam sekali saat operasi untuk mendapatkan cetakan yang stabil. Lakukan pembersihan secara rutin. Karena sisa-sisa tinta tekstil yang mengendap, jika tidak dibersihkan akan menumpuk menjadi karet dan mengganggu operasional printer saat melakukan sablon kaos DTG.

Beberapa komponen printer yang harus dibersihkan secara rutin, pertama adalah wiper blade. Komponen ini berfungsi untuk mengusap permukaan printhead agar selalu bersih. Akan tetapi, jika sisa-sisa tinta telah menumpuk dan tidak dibersihkan, semprotan tinta dari printhead menjadi kurang lancar. Jika mesin bekerja 8 jam sehari nonstop, bersihkan wiper blade dua kali sehari. Jika tidak sampai 8 jam, bersihkan komponen ini setidaknya seminggu sekali. Selanjutnya adalah capping station. Komponen ini berfungsi untuk membersihkan head dan untuk menjaga printhead selalu vakum pada waktu parkir di sebelah kanan printer sablon kaos DTG. Bersihkan capping station bersamaan dengan wiper blade. Permukaan bawah printhead juga harus sering dibersihkan. Dalam membersihkan komponen ini harus hati-hati, jangan sampai printhead tergores. Kemudian encoder strip berfungsi sebagai penunjuk jalan bagi printhead, dengan mengirimkan sensor kepada printhead. Komponen ini juga harus dibersihkan setidaknya seminggu sekali untuk membuat kinerja printer sablon kaos Anda optimal.

Related posts:

admin