Cara Merawat Produk dari Jual Medali Perunggu

jual medaliPerunggu merupakan salah satu logam yang sering digunakan dalam jasa jual medali untuk kejuaraan tertentu. Perunggu adalah suatu logam campuran. Logam utamanya adalah tembaga sedangkan campurannya bisa dengan timah, fosfor, mangan, aluminium, atau silikon. Perunggu sangat penting penggunaannya pada masa lalu bahkan pernah ada zaman yang disebut sebagai Zaman Perunggu. Awalnya perunggu sering dicampur dengan arsenik dan membentuk perunggu arsenik. Selanjutnya pada akhir abad ketiga Masehi, arsenik digantikan dengan timah. Perunggu timah terbukti lebih unggul daripada perunggu arsenik karena proses pembuatannya lebih mudah. Di samping itu, arsen merupakan zat beracun dan berbahaya.

Bagaimana Cara Merawat Produk dari Jual Medali Perunggu?

Jual medali dengan berbagai jenisnya sangat banyak digunakan di pasaran terutama bagi penyelenggara kejuaraan atau perlombaan tertentu. Salah satu logam yang bayak digunakan dalam pembuatan medali adalah perunggu. Untuk merawat medali perunggu, Anda bisa menggunakan cara berikut ini. Pertama, hindarkan medali perunggu dari panas yang berlebihan. Panas berlebihan atau sinar Matahari langsung dapat menyebabkan lapisan lilin pada perunggu meleleh. Hindarkan juga perunggu dari tempat yang lembap. Pastikan tempat penyimpanan perunggu memiliki sirkulasi udara yang baik. Bersihkan medali perunggu setidaknya satu kali dalam sebulan dengan menggunakan lap kain yang lembut, spons, atau sikat yang memiliki bulu lembut.

Gunakan sabun bayi untuk membersihkan perunggu. Sabun bayi memiliki kandungan pH yang seimbang bagi kulit bayi yang cocok digunakan pada perunggu. Hindari penggunaan sabun mandi yang mengandung ekstrak lemon, jeruk nipis, atau bunga. Kandungan asam sitrat yang terdapat di dalam ekstrak bahan tersebut merusak cairan kimia platina dan meluruhkan lapisan lilin. Setelah bersih, keringkan sampai benar-benar kering. Sabun atau air yang tersisa menyebabkan noda kerak yang dapat merusak permukaan perunggu. Untuk hasil terbaik, gunakan wax atau polishing khusus untuk tembaga dan perunggu. Agar lapisan lilin menjadi lebih tahan lama. Jangan menggunakan pelarut atau wax kendaraan dalam membersihkan perunggu. Demikian cara sederhana untuk merawat perunggu, yang merupakan logam yang sangat penting dalam jual medali.

Related posts:

admin