Kesehatan

Cara Mudah Menjaga Kesehatan Telinga

Telinga adalah salah satu alat indera manusia yang memiliki peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Jika kesehatan telinga terganggu tentu akan menyebabkan kerusakan lainnya seperti tidak bisa berkomunikasi atau bisu. Karena memiliki peranan penting dalam aktivitas sehari-hari maka sudah seharusnya kesehatan telinga bisa dirawat dengan baik jangan sampai telinga mengalami kerusakan karena kita sendiri kurang memperhatikan kesehatan telinga kita. Nah untuk membersihkan dan merawat kesehatan telinga kalian tidak sulit untuk melakukannya. Berikut beberapa cara mudah untuk menjaga kesehatan telinga.

Telinga Sehat, Aktivitas Lancar

Untuk merawat telinga agar tetap sehat cara yang pertama adalah kalian jangan mengorek kotoran di telinga menggunakan cotton bud. Nah mengapa demikian? Sebab ketika kalian mengorek kotoran menggunakan cotton bud justru semakin mengotorkan telinga, kotoran akan semakin masuk ke dalam telinga. Telinga memiliki mekanisme sendiri dalam mengeluarkan kotorannya, namun cara lain adalah dengan berwudhu. Hal ini merupakan perawatan alami dalam membersihkan telinga tentu khususnya bagi umat muslim. Selanjutnya adalah mengunyah makanan dengan baik, dengan mengunyah gerakannya mampu membantu mengeluarkan kotoran dari dalam telinga. Kemudian salah satu cara lain adalah kalian bisa mencoba terapi lilin. Dengan melakukan terapi lilin bisa membersihkan kotoran di dalam telinga, banyak metode yang tersebar di internet yang bisa kalian lakukan untuk panduan kalian melakukan terapi lilin.

Hal penting yang perlu kalian ingat adalah jangan menggaruk telinga ketika terasa gatal, bisa jadi ketika kalian menggaruk justru menyebabkan kerusakan pada telinga bahkan bisa menyebabkan alergi. Rasa gatal ini disebabkan oleh eksim atau psoriasis, untuk itu segeralah ke dokter untuk mendapatkan pengobatan. Selanjutnya pepatah bersih itu sehat, namun hal tersebut tidak berlaku ketika menjaga kesehatan telinga. Lapisan minyak atau serumen pada telinga sebenarnya tidak perlu untuk dibersihkan secara bersih karena serumen berfungsi untuk mengikat debu hingga serangga kecil yang mencoba masuk ke dalam telinga. Normalnya serumen ini akan mengering sendiri dan berubah menjadi kotoran dalam telinga, untuk itu bersihkan saja seminggu sekali dengan cara membilas dengan air, karena jika terlalu sering membersihkan akan menyebabkan telinga kering, gatal dan iritasi.

Related posts: