Pola-hidup-sehat-untuk-anak
Kesehatan

Hidup Sehat Dengan Pencegahan Dan Pengelolaan Penyakit

Pola-hidup-sehat-untuk-anak

Artikel kali ini akan membahas mengenai gerakan masyarakat sehat yang menjadi salah satu program dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Indonesia merupakan salah satu negara berkembang yang memiliki jumlah penduduk terbanyak keempat di dunia setelah Cina, India, dan Amerika. Hal tersebut dapat menjadi sebuah peluang yang menguntungkan bila sumber daya manusia yang ada memiliki kualitas yang baik. Namun bila kualitas sumber daya manusia yang ada cenderung rendah, justru akan menjadi suatu bumerang bagi negeri ini.

Ayo Germas Untuk Indonesia Yang Lebih Sehat

Salah satu bumerang yang sedang menyerang negara ini adalah masalah kesehatan yang saat ini banyak terjadi. Faktor risiko semakin tinggi terjadi karena kepadatan penduduk yang memicu terbentuknya pemukiman kumuh, masalah sanitasi lingkungan yang buruk, masalah asupan gizi, dan sebagainya. Penyelesaian masalah kesehatan memang perlu dilihat dari berbagai aspek yang justru dapat menjadi suatu risiko terjadinya penyakit.

Gerakan masyarakat hidup sehat merupakan salah satu program yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia. Paradigma sehat saat ini telah bergeser dari kuratif dan rehabilitatif atau aspek pengobatan menjadi preventif dan promotif sebagai aspek pencegahan dan penanggulangan penyakit. Tren penyakit pun telah bergeser dari penyakit menular menjadi penyakit tidak menular.

Berikut ini aspek dalam germas yang perlu Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari agar bisa tetap hidup dengan sehat.

  • Cek Kesehatan Secara Rutin

Kesehatan merupakan suatu investasi yang  harus dijaga dan dirawat sebaik-baiknya. Salah satu cara pencegahan yang dapat dilakukan yaitu dengan rutin melakukan cek kesehatan secara rutin.

  • Enyahkan Asap Rokok

Rokok merupakan salah satu racun pembunuh yang masih menjadi salah satu musuh utama terhadap kesehatan.

  • Rajin Melakukan Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik dapat berupa olahraga secara teratur karena dapat melancarkan peredaran darah.

  • Diet Sehat

Diet yang dengan komposisi kandungan gizi pada makanan yang seimbang.

  • Istirahat yang Cukup

Bagi manusia dewasa, tidur selama delapan jam menjadi salah satu standar waktu istirahat setelah penat bekerja.

  • Kelola Stres

Stres dapat menjadi salah satu faktor risiko untuk terjadinya suatu penyakit.

Related posts: