tips kesehatan
Kesehatan

Hindari Hal Berikut Ketika Menstruasi

tips kesehatan

Sebagai wanita yang normal, menstruasi tentu merupakan fenomena yang memang selalu dialami setiap bulannya. Pasalnya menstruasi itu merupakan sebuah tanda bahwa wanita tersebut tidak mengalami pembuahan di dalam rahimnya. Ketika menstruasi, banyak wanita yang merasa tidak nyaman. Pasalnya menstruasi tersebut akan menyebabkan rasa nyeri di perut. Bahkan rasa nyeri tersebut pun menyebabkan lemas dan akhirnya banyak wanita yang tidak bisa melakukan aktivitas apapun. Padahal apabila Anda seorang karyawan, meskipun sedang menahan sakit harus tetap melayani pelanggan. Untuk itu ketika menstruasi tiba, Anda perlu menghindari beberapa hal berikut agar rasa nyeri bisa berkurang.

Menstruasi Dan Cara Penanganannya

Pertama, Anda harus menghindari minuman dingin. Ketika panas sedang terik-teriknya, minuman dingin memang akan menjadi penyelamat. Akan tetapi bagi yang sedang menjalani proses menstruasi, minuman dingin sebenarnya menjadi pantangan. Pasalnya darah di dalam perut bisa membeku. Apabila membeku maka peluruhan dinding rahim pun akan semakin terasa nyerinya. Untuk itu Anda harus hindari minuman dingin dan lebih baik perbanyak minuman yang hangat agar peredaran darahnya lancar. Hal yang harus dihindari berikutnya adalah berolahraga terlalu berat. Setiap hari, olahraga memang penting dilakukan. Akan tetapi Anda harus ingat bahwa menstruasi menyebabkan tubuh merasa tidak nyaman. Menstruasi pun sebabkan tubuh terasa lemas karena darah keluar dari tubuh. Untuk itu Anda harus melakukan olahraga yang ringan-ringan saja.

Hal yang perlu dihindari lainnya lagi, mengonsumsi makanan kecut serta pedas. Bagi yang hobi makanan dengan rasa kecut dan pedas mungkin sulit untuk menghindarinya. Namun usahakan ketika sedang menstruasi, Anda harus menghindarinya. Pasalnya makanan kecut serta pedas itu akan membuat perut bermasalah. Oleh karena itu untuk sementara waktu Anda harus bisa menghindarinya agar rasa nyeri tidak semakin terasa dan menyiksa. Kemudian ketika sedang jam istirahat, cobalah untuk memanfaatkan waktu tersebut dengan sebaik mungkin. Buatlah untuk istirahat dan merilekskan diri, kemudian kompreslah perut menggunakan plastik yang berisikan air hangat. Dengan begitu aliran darah jadi tidak tersumbat dan nyeri pun berkurang.

Related posts: