image_20180113_065701_4
Kesehatan

Intip Tips Kesehatan Wanita

image_20180113_065701_4

Kesehatan wanita memang sedikit lebih kompleks dari pada laki-laki. Adanya siklus bulanan yang dialami wanita tentunya sebagai wanita perlu mengetahui tentang kesehatan yang berkaitan dengan reproduksi wanita terutama menstruasi. Tips kesehatan wanita mengenai menstruasi ini perlu Anda ketahui agar menstruasi Anda tetap berjalan dengan lancar. Siklus bulanan yang dialami wanita berbeda antar satu dengan yang lain. Ada yang lancar, ada pula yang beberapa bulan sekali baru mendapatkan tamu bulanannya. Akan tetapi, bagi Anda yang memiliki siklus beberapa bulan sekali tidak perlu khawatir berlebih. Anda sebaiknya memeriksakan ke dokter kandungan untuk mengetahui penyebabnya dan dampaknya. Anda tidak perlu berpikir negatif mengenai hal tersebut karena bisa jadi hal itu disebabkan karena faktor genetik. Coba Anda tanyakan terlebih dahulu kepada ibu Anda tentang siklus bulanannya.

Haid Lancar Simak Tips Kesehatan Wanita

Siklus menstruasi normalnya berkisar antara dua puluh satu hingga tiga puluh lima hari. Jika berada di luar siklus tersebut maka Anda perlu memeriksakannya ke dokter kandungan, dan meminta tips kesehatan wanita. Dalam siklus tersebut sebaiknya Anda mencatat kapan Anda mendapatkan menstruasi tiap bulannya. Hal ini perlu Anda catat supaya Anda mengetahui apakah siklus bulanan Anda normal atau tidak. Selain itu, bagi Anda yang telah berkeluarga Anda dapat mengetahui kapan masa subur Anda. Ketika Anda telah rutin menuliskan siklus bulanan Anda selama beberapa bulan, minimal tiga bulan berturut-turut, maka Anda akan mengetahui secara pasti apakah siklus Ada lancar atau tidak. Ada wanita yang siklusnya pasti dua puluh satu hari atau  dua puluh lima hari. Akan tetapi, ada pula yang memiliki siklus antara tiga puluh hingga tiga puluh lima hari sekali. Beberapa hal tersebut masih tergolong wajar.

Apabila Anda memiliki siklus haid yang wajar kemudian tiba di suatu bulan haid Anda tidak lancar baik itu satu bulan dua kali atau hanya keluar flek saja, Anda tidak perlu panik, karena siklus haid yang tidak lancar tersebut baru Anda alami selama satu periode, bukan tiga periode berturut-turut. Anda sebaiknya menerapkan tips kesehatan wanita yaitu mengelola stress.

Related posts: