3
Bisnis

Jalan Unik Dan Ramah Lingkungan Berkat Paving Block

3

Jika Anda tinggal di perkotaan,mungkin Anda tidak asing dengan paving block. Namun apakah Anda tahu apa itu sebenarnya benda ini? terbuat dari apakah benda yang menghiasi jalan ini? menurut SII.0819-88, benda ini merupakan suatu komposisi bahan bangunan yang terbuat dari campuran semen portland atau bahan hidrolis lainnya, air dan agregat. Adapun bahan lainnya terkadang dicampurkan ataupun tidak, tergantung kebutuhan.

Apa itu paving block?

Lain lagi dengan pengertian yang dikemukakan SK SNI T-04-1990-F, disebutkan bahwa bahan bangunan ini merupakan segmen-segmen kecil yang terbuat dari beton. Segmen ini bisa berbentuk segi empat ataupun segi banyak yang dipasang dengan berbagai bentuk dan ukuran saling mengunci satu sama lainnya.

Jadi setelah Anda tahu apa itu paving block, apakah Anda tahu fungsi dari pemasangan bahan bangunan ini? fungsi utama bahan bangunan ini adalah untuk menutupi jalan dan sebagai alternatif lain. Penggunaan bahan bangunan ini sebagai penutup jalan dianggap lebih eco-friendly dibandingkan dengan penggunaan aspal atau bahan lainnya. Bahan aspal dinilai lebih berisiko mencemari dan merusak lingkungan dibandingkan dengan bahan bangunan ini.

Selain sebagai penutup jalan, bahan bangunan ini digunakan sebagai dekorasi. Terlebih dalam mendekorasi jalanan perumahan, perkantoran dan tempat-tempat yang membutuhkan estetika di setiap sudut. Banyak sekali perumahan ataupun perkantoran yang memilih jalanan mereka dipasangi bahan bangunan ini. Pemasangan bahan bangunan ini juga dinilai lebih mudah dibandingkan dengan pemasangan bahan untuk jalan lainnya. Dengan penyusunan yang rapi, jalanan menjadi lebih bagus dan tentunya unik. Tak lupa pula, bahan ini lebih ramah lingkungan.

Dengan berbagai warna, corak dan tekstur paving block memiliki berbagai kelebihan dibandingkan dengan bahan bangunan lainnya. Dengan warna yang beragam, orang akan mengenali jalanan tersebut sekaligus memanjakan mata memandang. Selain itu pemilihan warna, corak dan tekstur yang serasi akan membuat jalanan terlihat indah dan menambah estetika jalan. Bahkan bahan bangunan ini jika diatur sedemikian rupa akan menampakkan bentuk-bentuk yang bagus jika dilihat sekaligus memberi kesan unik pada jalanan.

Related posts: