Kebiasaan Yang Perlu Dihindari Setelah Makan

tips kesehatanMakan adalah kebutuhan hidup setiap manusia. Makan besar dilakukan tiga kali dalam sehari. Biasanya dilakukan di waktu-waktu senggang atau saat istirahat. Karena itu, orang-orang mengisi waktu senggang setelah makan untuk melakukan aktivitas yang bisa menjadi kebiasaan. Akan tetapi, di antara kebiasaan-kebiasaan tersebut, ada yang bermanfaat dan ada juga yang justru mengganggu kesehatan kita. Berikut ini kita akan membahas kebiasaan buruk setelah makan yang sebaiknya Anda hindari.

Apa Saja Kebiasaan Buruk Yang Perlu Dihindari Setelah Makan?

Yang pertama adalah merokok. Kandungan nikotin dalam rokok yang dihisap setelah makan dapat mengganggu proses pencernaan makanan. Merokok setelah makan juga dapat menyebabkan penyerapan zat karsinogen yang dapat menyebabkan kanker. Yang kedua adalah mandi. Mandi setelah makan menyebabkan perlambatan aliran darah dalam tubuh yang mengakibatkan proses pencernaan berkurang. Ketiga adalah makan buah-buahan. Buah-buahan sering kali dianggap sebagai makanan pencuci mulut yang baik dikonsumsi setelah makan. Akan tetapi, ternyata memakan buah-buahan tepat setelah makan akan memperlambat proses pencernaan. Hal itu dikarenakan buah membutuhkan enzim khusus dalam pencernaannya.

Selanjutnya, minum teh juga tidak baik dilakukan setelah makan. Minum teh setelah makan dapat menghambat proses penyerapan zat besi oleh tubuh. Kebiasaan buruk lain adalah duduk terlalu lama setelah makan. Hal ini dapat mengakibatkan gangguan pencernaan. Sebaiknya, Anda berjalan-jalan sebentar setelah makan. Hal yang sebaiknya Anda hindari lagi adalah latihan kekuatan. Latihan kekuatan dapat menyebabkan refleks asam, cegukan, mual, dan lain sebagainya. Selanjutnya adalah rebahan. Rebahan setelah makan dapat mengganggu proses pencernaan karena kebiasaan ini dapat menaikkan asam lambung. Kebiasaan buruk lainnya adalah tidur. Tidur pulas setelah makan dapat menyebabkan infeksi pada usus dan lambung. kebiasaan buruk selanjutnya adalah minum es. Meminum es setelah makan dapat mengganggu pencernaan. Apalagi minum es setelah makan makanan panas, hal ini dapat merusak gigi karena kombinasi panas dan dingin. Demikian sedikit ulasan tentang kebiasaan buruk yang dilakukan setelah makan. Semoga kita bisa menghindarinya.

Related posts:

admin