Kenali Penyebab Ketombe dan Cara Mencegahnya

tips kecantikanRambut yang hitam dan tebal sangat indah dipandang, tetapi jika terdapat ketombe di sela-sela rambut kita bahkan terdapat pada bagian bahu baju hitam kita akan sangat mengganggu penampilan kita. Ketombe berasal dari sel kulit mati yang terdapat pada kulit kepala yang biasanya menyebabkan kulit kepala menjadi gatal dan menyebabkan rambut rontok. Ketombe biasanya disebabkan kulit kepala yang kering. Paparan sinar matahari dapat menyebabkan kulit kepala menjadi kering. Ketombe tidak terlalu berbahaya untuk kesehatan kulit kepala, dan tidak menular. Hanya saja ketombe membuat kita sering menggaruk kepala sehingga dengan hilangnya sel kulit mati maka terjadi kerontokan sementara. Selain membuat rambut menjadi rontok, ketombe juga mengurangi kecantikan dan kebersihan karena dengan rambut yang berketombe dirasa kurang menjaga kebersihan dan tidak indah untuk dilihat.

Menghilangkan dan Mencegah Ketombe Membandel

Banyak produk sampo untuk menghilangkan dan mencegah ketombe datang kembali. Tetapi tidak semua merek sampo cocok dengan kulit kepala kita. Jika kita sudah menemukan sampo yang tepat untuk menghilangkan ketombe kepala. Maka lebih baik untuk terus menggunakan sampo tersebut dan tidak terus-terusan mengganti merek sampo. Mencuci rambut atau keramas lebih baik dilakukan seminggu sebanyak 3-4 kali. Karena zat kimia dalam sampo dapat membuat kering kulit kepala jika sering digunakan. Unsur Zinc pada sampo dapat membuat kulit kepala lebih sehat. Zinc dapat membuang sel mati dan mengganti sel mati tersebut dengan sel yang baru.

Selain kulit kepala yang kering, kulit kepala yang terlalu berminyak berpotensi menyebabkan ketombe. Perempuan biasanya menggunakan hair syling product, perlu diperhatikan produk untuk menghaluskan, melembutkan, meluruskan, dan mempercantik tampilan rambut jangan terlalu sering dipakai, karena dapat mengakibatkan kulit kepala berminyak. Selain memakai sampo untuk mencegah dan menghilangkan ketombe, dapat juga digunakan produk herbal alami. Gunakan minyak zaitun yang dibalurkan ke seluruh permukaan kulit kepala, biarkan selama 30 menit kemudian dibilas atau keramas seperti biasa. Selain minyak zaitun, menyehatkan kulit kepala dan mencegah ketombe dapat menggunakan lidah buaya, jeruk nipis, bahkan garam.

Related posts:

admin