Kupas Tuntas Manfaat Tidur Siang Untuk Kesehatan

tips kesehatanTidur adalah sebuah aktivitas rutin setiap manusia untuk memberi istirahat terhadap pikiran dan juga tubuh. Aktivitas tidur pun tidak hanya bisa dilakukan malam hari saja, melainkan di siang hari. Bahkan ketika Anda tidur siang, ada sejumlah manfaat yang bisa diperoleh. Penasaran dengan apa saja manfaat tidur siang tersebut? pertama, tidur siang bisa meningkatkan daya ingat. Sudah dilakukan penelitian oleh seorang ahli, dan ia mengatakan bahwa seseorang yang rutin tidur siang setidaknya 45 menit, akan memiliki daya ingat yang lebih tinggi. Manfaat kedua, bisa meningkatkan produktivitas kerja. Selain meningkatkan daya ingat, ternyata tidur siang bisa meningkatkan produktivitas. Sehingga jika Anda merasa sering cape pikiran ataupun tenaga setelah kerja, maka sangat disarankan untuk tidur siang sejenak.

Manfaat ketiga, bisa mencegah terjadinya insomnia. Hal ini sudah dipertegas melalui sebuah penelitian oleh seorang ahli. Bagi seorang penderita insomnia, sangat dianjurkan untuk rutin melakukan tidur siang, supaya total waktu beristirahatnya lebih panjang. Selain itu, tidur siang pun bisa menghilangkan stres. Seseorang yang sedang mengalami stres pasti akan sulit tidur malam. Sehingga tidur siang pun dianjurkan, sehingga ketika malam hari, hormon stres akan menurun. Dan manfaat tidur siang berikutnya, menyehatkan organ jantung. Perlu Anda ketahui bahwa tidur siang itu bisa mencegah terserang penyakit jantung. Namun tentu saja tidur siang yang Anda lakukan tidak terlalu lama, yaitu sekitar 20 sampai dengan 40 menit.

Itu artinya, apabila Anda rajin tidur siang setiap harinya, maka penyakit stroke tidak akan mengincar tubuh Anda. Terdapat sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang Yunani, memberikan pernyataan bahwa ketika tidur siang 30 menit dalam 3 kali sehari, dan hal tersebut dilakukan selama seminggu, maka resiko terkena penyakit kardiovaskuler menjadi menurun sebanyak 37 persen. Dari penelitian tersebut ditetapkan bahwa waktu tidur siang yang paling baik antara pukul 1 sampai pukul 3. Dan untuk lamanya tidur siang, jangan sampai lebih dari 45 menit. Pasalnya apabila Anda terlalu lama tidur siang bisa membuat kepala terasa berat saat terbangun. Demikian informasi tentang sejumlah manfaat tidur siang.

Related posts:

admin