4-Kiat-Sukses-Memulai-Usaha-laundry-dari-nol-di-Desa-dan-Kota
Bisnis

Langka Memulai Usaha Laundry

4-Kiat-Sukses-Memulai-Usaha-laundry-dari-nol-di-Desa-dan-Kota

Laundry adalah suatu yang banyak dicari bagi beberapa kalangan orang. Laundry adalah usaha yang bergerak dibidang jasa pencucian baju. Laundry ini biasanya dihitung dalam jasa tiap kilogramnya. Banyak pengusaha yang sukses dalam menjalani bisnis laundry ini. Coba bayangkan dalam satu hari berapa pakaian yang kita gunakan, banyak bukan?

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Laundry?

Untuk memulai bisnis di bidang jasa ini tentu saja ada beberapa hal yang perlu disiapkan. Apa saja yang mesti dipersiapkan sebelumnya?

  • Perlatan dan tempat strategis

Dalam bisnis tentu kita memerlukan peralatan dan tempat yang strategis. Kita bisa mencari tempat untuk usaha ini yang strategis yang dekat dengan pengguna layanan ini. Biasanya yang banyak mencari jasa cuci adalah kalangan mahasiswa, kita bisa cari di sekitar kampus atau di sekitar kantor. Atau bisa juga kita mengerjakan di rumah, namun jika hal ini terjadi jangan sampai suasana kalian terganggu.

  • SDM

Untuk memulai bisnis ini tentu kita memerlukan SDM. Seperti yang kita ketahui pekerjaan mencuci baju adalah pekerjaan yang berat. Kita bisa memperkerjakan beberapa orang dalam hal ini. Kita bisa membayarnya dalam hitungan bulan. Namun jika kita ingin mengerjakan pekerjaan ini kalian bisa melakukannya sendiri dan kalian tidak perlu membayar pekerja dalam tiap bulan.

  • Promosi

Melakukan beberapa promosi juga wajib dilakukan. Kita bisa melakukan promo tentang tempat jasa cuci kita di beberapa tempat. Kita bisa memulainya dengan menyebar brosur, atau bisa juga dengan menawarkan langsung ke beberapa teman terdekat kita dan yang terakhir kita bisa juga dengan melakukan promosi di web. Jangan ada hentinya kita untuk mencoba mempromosikan usaha laundry kita.

  • Pertahankan kualitas

Setelah kita mendapatkan banyak pengguna jasa cuci kita, kita harus bisa mempertahankan kualitas yang kita beri kepada pelanggan. Jangan sampai kita membuat pelanggan kecewa dengan kualitas dan pelayanan yang diberikan. Tiada hentinya untuk selalu memberikan hal yang terbaik untuk pelanggan. Bagaimanapun juga pelanggan adalah takaran kesuksesan usaha kita.

Mudah bukan usaha laundry dan usaha ini cocok untuk ibu-ibu yang ingin menambah penghasilan, atau bisa juga untuk mahasiswa. Jangan takut untuk mencobanya, dan setelah mencoba berambisilah untuk bisa membuat usaha kalian maju.

Related posts: