Macam- Macam Rangkaian Elektronika

belajar elektronikaRangkaian elektronika adalah rangkaian yang dibentuk oleh komponen-komponen elektronika pasif dan aktif dan merupakan suatu kesatuan untuk pemrosesan isyarat. Komponen pasif sendiri adalah komponen elektronika yang dalam pengoperasiannya tidak membutuhkan sumber arus atau tegangan sedangkan komponen aktif adalah kebalikan dari pasif yaitu komponen elektronika yang memerlukan sumber arus dan tegangan dalam pengoperasiannya. Sementara bahan yang paling sering digunakan untuk pembuatan komponen aktif adalah konduktor.

Berapa Macamkah Rangkaian Elektronika Tersebut?

Ada berbagai macam rangkaian elektronika yakni di antaranya menurut tata letak komponennya. Terdiri dari rangkaian diskrit yaitu suatu rangkaian yang komponen-komponennya diletakkan di atas papan rangkaian seperti PCB (printed circuid board) dan hubungan antar komponen dilakukan melalui konduktor, setiap komponennya berdiri sendiri sendiri sehingga jika terdapat komponen yang rusak akan mudah diganti nantinya. Selanjutnya yaitu rangkaian terintegrasi yaitu rangkaian yang komponennya tercetak dalam kepingan silicon atau biasa disebut chip. Di dalam chip tersebut terdapat beribu ribu komponen, chip tersebut dikemas atau dibentuk dan diberi pin sebagai kaki sehingga menjadi piranti elektronika dan piranti ini sering disebut IC (integrated circuid). Dalam rangkaian terintegrasi masih diklasifikasikan lagi yakni SSI (small scale integrasion) yakni rangkaian yang jumlah komponennya kurang dari 100 buah. MSI (medium scale integrasion) yakni yang jumlah komponennya Antara 100 – 1000 buah. LSI (large  scale integration) yakni rangkaian yang jumlah komponennya Antara 1000 hingga 10000 buah dan yang paling besar adalah VLSI (very large scale integration)  atau yang jumlah komponennya lebih dari 10000 buah dalam satu rangkaian.

Karena proses interkoneksi antar komponen dilakukan pada data chip dan dibuat oleh pabrik maka komponen yang rusak tidak bisa diganti melainkan IC yang diganti. Kemudian menurut jenis sinyalnya rangkaian elektronika dibedakan menjadi rangkaian analog dan rangkaian digital. Rangkaian analog adalah rangkaian yang memproses sinyal yang memiliki sifat kontinyu. Sedangkan rangkaian digital adalah rangkaian yang melakukan pemrosesan signal yang bersifat diskrit yakni sinyal dengan keadaan rendah atau tinggi saja.

Related posts:

admin