image_20180517_144610
Gaya Hidup

Makna Dari Motif Batik Solo Dan Penggunaannya Sehari-Hari

image_20180517_144610

Batik adalah salah satu produk lokal yang sudah terkenal di dunia internasional. Dimana batik merupakan produk yang sanat membanggakan karena didalamnya terdapat banyak seni dan estetika serta makna tersendiri yang tersirat dalam setiap motifnya. Makna yang terkandung di motif batik biasanya akan sesuai dengan kehidupan sehari-hari yang dialami oleh masyarakat Indonesia. Hal ini juga tidak berbeda dengan batik solo. Yang mana batik dari Solo ini memiliki motif yang memiliki makna mendalam pada motifnya.

Beberapa Macam Motif Dan Makna Dari Motif Batik Solo

Motif batik yang unik tentunya akan lebih memiliki nilai keindahan jika motifnya bukan sekedar motif, maksudnya ialah motif yang ada pada batik tersebut merupakan hasil dari pemikiran mengenai suatu hal yang kemudian di aplikasikan pada sebuah motif yang mampu menyampaikan isi dari makna yang disampaikan oleh pembuat batik tersebut. Adapun beberapa motif dan juga makna dari motif batik solo diantaranya adalah sebagai berikut:

Pertama, motif truntum. Motif truntum ini merupakan salah satu dari motif batik dari Solo yang biasanya digunakan oleh orang tua dari mempelai pengantin. Arti dari truntum sendiri ialah menuntun. Maksud dari motif batik tersebut ialah diharapkan orang tua mampu menuntun serta mampu member arahan bagi pengantin dalam mengarungi samudra kehidupan yang penuh dengan arus dan jua gelombang yang cukup besar.

Kedua, motif satrio manah. Motif batik yang satu ini biasanya dipakai oleh wali dari calon mempelai pria pada saat melamar atau meminang, makna dari batik ini ialah diharapkan tunangan atau lamarannya dapat diterima oleh calon mempelai wanita, batik juga bisa digunakan sebagai salah satu identitas untuk menyampaikan maksud dan tujuan dari pemakai.

Itulah beberapa informasi terkait macam-macam dariĀ  batik Solo serta makna yang terkandung pada setiap motif yang sengaja dibuat berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Batik yang merupakan symbol kemewahan dan keagungan ini sangat mewah karena penggunaannya biasa hanya digunakan pada saat acara-acara resmi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat serta mampu menambah wawasan dan juga ilmu pengetahuan bagi kita semua. Selamat mencoba semoga berhasil !

Related posts: