Manfaat Rutin Melakukan Yoga

tips kesehatanYoga merupakan salah satu olahraga yang mengombinasikan gerakan bagian tubuh dan membutuhkan konsentrasi, ketenangan, serta kondisi tubuh yang rileks dalam melakukannya. Yoga sendiri merupakan salah satu alternatif olahraga yang sangat diminati, karena manfaatnya sangat banyak. Olahraga ini juga tidak membutuhkan kekuatan fisik prima seperti berlari, bersepeda, berenang dan sebagainya. Yoga sudah populer pada tahun 2000an, hanya saja lebih populer pada kalangan wanita saja. Tetapi pada saat ini, kalangan pria saja sudah bisa melakukan kegiatan yoga ini. Dan olahraga yoga ini tidak memandang usia untuk melakukan kegiatannya.

Meskipun tidak membutuhkan kekuatan prima dalam melakukannya, yoga dapat memberikan manfaat yang sangat baik untuk tubuh Anda. Hanya bermodal badan dan ketenangan untuk melakukannya saja sudah setara manfaatnya dengan melakukan olahraga seperti berlari. Dengan begitu, yoga dapat dikatakan sebagai olahraga simpel yang menyehatkan. Berikut manfaat yang diberikan jika Anda melakukan yoga:

  1. Media relaksasi
  2. Mencegah dan mengurangi stress
  3. Lebih santai dalam melakukan kegiatan
  4. Meningkatkan daya imun tubuh
  5. Menjaga kebugaran tubuh
  6. Menambah stamina
  7. Penguasaan emosi
  8. Meningkatkan konsentrasi
  9. Melancarkan peredaran darah
  10. Meningkatkan gairah seksual
  11. Menurunkan berat badan karena lemak terbakar
  12. Mengencangkan otot – otot
  13. Memperindah bentuk tubuh
  14. Kerja jantung meningkat
  15. Memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis pada usia muda.

Dari manfaat yang sudah disebutkan, apakah Anda mulai tertarik melakukan yoga? Ini memang kegiatan yang sangat mudah untuk mengganti olahraga yang berat. Dan bahkan bisa Anda lakukan dimana saja dan kapan saja. Tapi tempat yoga yang paling cocok adalah pada suasana yang tenang dengan udara yang segar, bebas dari hirup pikuk kepadatan kota. Dengan begitu tingkat konsentrasi yang akan kita dapatkan lebih tinggi dan kita dapat asupan oksigen yang lebih banyak lagi dari udara segar. Yoga bisa Anda lakukan dengan instruktur yang sudah terlatih, yang nantinya akan memandukan gerakan apa saja yang harus Anda lakukan dengan tempo ritme yang memang diarahkan oleh instruktur yoga. Tetapi yoga dengan gerakan sederhana bisa Anda lakukan juga dengan melihatnya ditutorial yang bertebaran di media sosial. Anda bisa mempelajari gerakan-gerakan sederhana dari yoga dan menerapkannya dengan kondisi tenang. Selamat mencoba.

Related posts:

admin