Memanfaatkan Lahan Pekarangan Untuk Bisnis Pertanian

peluang usahaSekarang ini banyak lahan pekarangan di kota – kota besar di Indonesia dibiarkan begitu saja. Mereka lebih memilih dibuat sebagai lahan parkir daripada untuk sesuatu yang bisa lebih bermanfaat dan tentunya mendapat keuntungan financial. Banyak manfaat yang bisa diambil dari lahan pekarangan rumah, salah satunya adalah untuk bisnis pertanian. Bisnis pertanian bisa dikatakan bisnis yang tidak ada matinya, bisnis pertanian bisa dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja, dengan modal yang sedikit, dalam bisnis dunia pertanian dapat menghasilkan keuntungan yang berkali lipat. Sekarang banyak masyarakat melakukan bisnis pertanian untuk menambah finansialnya. Kemajuan teknologi dan berkembangnya informasi yang semakin cepat memudahkan siapa saja dapat melakukan bisnis pertanian ini.

Lahan Pekarangan Dijadikan Lahan Bisnis

Di luar negeri sudah banyak warganya yang memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk bisnis pertanian. Misalkan saja di Jepang, di negeri samurai tersebut banyak warganya melakukan bisnis pertanian di depan rumahnya, bayangkan saja mereka dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumahnya bisa meraup keuntungan yang bisa dibilang fantastis. Mereka memanfaatkan lahan pekarangan rumahnya dengan cara menanam tanaman seperti buah – buahan dan sayuran. Dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sekarang ini, tanaman dapat tumbuh dimana saja dengan cara melakukan rekayasa tempat tumbuhnya. Orang – orang di jepang menanam tanamannya dengan bermacam – macam cara seperti hidroponik. Menanam dengan cara hidroponik adalah menanam tanaman dengan media air sebagai pengganti tanah. Dalam penanaman menggunakan hidroponik ini lebih mengutamakan pemenuhan kebutuhan nutrisi tanaman. Penanaman hidroponik biasanya menggunakan selang untuk saluran air untuk memberikan nutrisi ke tanaman, sehingga menanam dengan cara hidroponik bisa dilakukan dimana saja, termasuk lahan pekarangan rumah.

Memanfaatkan lahan pekarangan juga bisa dilakukan dengan cara menanam tanaman hias seperti bunga anggrek, bunga sepatu, kaktus dll. Tanaman hias tersebut apabila dijual di pasaran akan sangat memberikan tambahan financial, selain itu juga bisa menambah keindahan pekarangan rumah. Tanaman hias semakin hari harganya semakin mahal. Banyak tanaman hias yang dipasarkan hingga kawasan mancanegara. Hal ini tentu sangat memberikan peluang usaha yang sangat menjanjikan.

Related posts:

admin