Mengatasi Cat Tembok Menggelembung

Cat rumahMenggelembungnya cat tembok merupakan permasalahan yang umum terjadi pada cat dinding rumah. Masalah tersebut memang bukan masalah besar, akan tetapi akan sangat mengurangi estetika dinding rumah Anda. Hal tersebut bisa diakibatkan oleh pengecatan yang dilakukan saat permukaan dinding masih belum kering sempurna. Bisa juga diakibatkan oleh noda, debu, minyak, atau kotoran-kotoran lain yang belum dibersihkan sebelum pengecatan dimulai. Bisa juga disebabkan oleh rembesan air misalnya apabila atap bocor. Hal lain yang menyebabkan penggelembungan dinding adalah pengembunan yang terjadi di dalam lapisan cat, yang biasanya diakibatkan saat mengecat dinding di saat tingkat kelembaban udara tinggi.

Cara Mudah Mengatasi Cat Tembok Menggelembung

Untuk mengatasinya, keroklah lapisan cat pada bagian dinding yang menggelembung. Bersihkan permukaan tembok dari segala bentuk kotoran seperti serbuk kapur, noda, debu, minyak dan lain sebagainya. Bilaslah tembok yang sudah dibersihkan menggunakan air bening sampai sebersih mungkin. Setelah itu diamkan sampai kering dengan sempurna. Jika dinding sudah tidak lagi lembab atau basah, mulailah melapisi dinding rumah Anda dengan cat primer yang sesuai dengan cat akhir. Untuk lapisan cat akhir, gunakanlah cat tembok dengan kualitas adhesion dan water resistance yang baik dan kuat.

Jika muncul gelembung kecil pada cat dinding Anda, janganlah Anda pegang karena jika pecah akan menimbulkan bekas pori-pori pada dinding yang tidak rata. Gelembung kecil hanya dihasilkan oleh permukaan dinding yang lembab. Biarkan saja sampai permukaan dinding menjadi kering, sehingga gelembung kecil tersebut menjadi rata dengan sendirinya. Untuk mengatasi gelembung besar, cari sumber yang menyebabkan kebocoran di dinding. Kerok cat yang mengeluarkan gelembung. Oleskan plamur pada dinding sampai rata. Setelah itu, gosok permukaan dinding dengan amplas. Lakukan proses pengecatan ulang sampai merata. Untuk mencegah gelembung pada cat tembok rumah Anda, pastikan ventilasi udara cukup. Dengan sirkulasi udara yang cukup, kelembaban pada dinding Anda akan lebih cepat mengering. Demikian sedikit ulasan mengenai cara mengatasi gelembung pada cat dinding rumah Anda.

Related posts:

admin