1-16
Kesehatan

Mengetahui Penyebab Munculnya Jerawat

1-16

Kulit wajah merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat sensitif. Terlebih kulit wajah sering kali terkena paparan sinar matahari secara langsung, debu dan polusi udara yang akan membahayakan kesehatan kulit wajah. Dalam kondisi demikian, berbagai masalah kulit wajah akan muncul jika kulit wajah tidak dirawat dengan baik. Obat penghilang jerawat berbagai jenis sudah dicoba untuk menghilangkannya, namun tak jarang jerawat masih tetap tak mau pergi dari kulit wajah.

Penyebab Kemunculan Jerawat di Wajah

Sebelum menentukan obat penghilang jerawat yang akan digunakan, ada baiknya jika kita mengetahui apa yang menjadi penyebab dari kemunculan jerawat di wajah. Selain karena faktor lingkungan seperti yang telah disebutkan sebelumnya, beberapa penyebab lain juga memicu munculnya jerawat di wajah. Ketika kita mengetahui apa yang menjadi penyebab kemunculan jerawat, pengobatan jerawat tentu akan dapat dilakukan dengan lebih tepat.

  1. Hormone

Ketika seorang anak mulai memasuki masa remaja, hormone di dalam tubuh mereka akan meningkat. Hal tersebut mengakibatkan perubahan di beberapa bagian tubuh, termasuk munculnya jerawat yang tak diinginkan di bagian wajah. Perubahan ini biasanya akan berlangsung ketika memasuki umur 25 tahun. Namun, untuk sebagian orang, hal tersebut dapat berlangsung lebih lama hingga usia 40-an.

  1. Bakteri

Bakteri penyebab jerawat juga menjadi salah satu penyebab munculnya masalah jerawat. Bakteri ini bisa muncul dari berbagai sumber, mulai dari sabun cuci muka yang kita pakai, tangan kotor yang selalu mengusap wajah, atau polusi udara. Bakteri ini kemudian mengendap di bawah permukaan kulit, kemudian menyumbat kelenjar minyak sehingga timbul benjolan menyakitkan berupa jerawat.

  1. Kurang menjaga kebersihan

Wajah setidaknya dibersihkan 2 kali sehari. Terutama ketika menjelang tidur, kebersihan wajah harus sangat dijaga. Dalam waktu seharian, wajah sudah menghadapi berbagai macam polusi dan terik matahari yang pastinya akan mempengaruhi kesehatan kulit. Belum lagi banyaknya make up yang biasa dipakai oleh wanita. Ketika wajah dibiarkan kotor ketika kita tidur, kemungkinan timbul jerawat akan semakin besar. Tentu kita tak ingin memiliki jerawat yang menyebabkan kita harus membutuhkan obat penghilang jerawat bukan? Oleh karena itu, rajinlah menjaga kebersihan kulit wajah kita.

Related posts: