image_20180520_105347_2
Teknologi

Pelajari Ciri-Ciri Berikut Sebelum Membeli Shockbreaker

image_20180520_105347_2

Sebelum mengunjungi toko shockbreaker mobil, akan lebih bagus kalau Anda mengetahui lebih dulu ciri-ciri shockbreaker asli yang baru atau bekas. Jangan sampai Anda tertipu membeli shockbreaker yang ternyata bekas dan dalam kondisi jelek karena tidak tahu ciri-cirinya. Tapi tidak perlu khawatir karena ada cara untuk mengenali ciri-ciri shockbreaker asli dan bekas daur ulang.

Tips Memilih Shockbreaker

Ada beberapa cara yang bisa mengindikasikan bahwa shockbreaker yang akan Anda beli di toko shockbreaker mobil asli atau palsu. Berikut bagaimana caranya.

  1. Memperhatikan titik las

Ada beberapa shockbreaker baru yang tidak memiliki bekas las, tapi ada beberapa yang memiliki. Kenali dulu shockbreaker merek tertentu yang memiliki bekas las meskipun masih baru. Shockbreaker baru biasanya memiliki bekas las halus bukan karena gerinda.

  1. Perhatikan bekas suntikan atau gerinda

Shockbreaker lama bisa dikenali dengan adanya bekas penghalusan di bagian tertentu. Selain itu kadang oli akan disuntikkan di bagian bawah atau di balik ring untuk mengelabui pembeli.

  1. Perhatikan drat

Shockbreaker bekas bisa dilihat dari ujung drat. Shockbreaker bekas biasanya akan dibubut sehingga bentuk drat menjadi tidak sempurna.

  1. Perhatikan batang tengah

Bila terdapat goresan pada batang tengah berarti shockbreaker tersebut sudah pernah digunakan. Penggunaannya yang membuat batang bergerak naik turun akan menimbulkan goresan di permukaan batang. Lubang baut juga perlu diperhatikan karena bila terluka berarti menandakan sudah pernah digunakan atau bekas dan biasanya disamarkan dengan dempul.

  1. Kenali cara kerjanya

Tarik shockbreaker dan tekan kuat hingga mencapai batas maksimal, lalu lepaskan. Jika saat kembali ke posisi semula terjadi kendala maka ada udara yang tertahan. Shockbreaker baru memang bekerja lambat tetapi tanpa kendala tersendat. Perhatikan juga sifat shockbreaker. Shockbreaker dengan double action memiliki jeda meskipun lambat, tapi tidak akan tersendat.

Mempelajari cara untuk mengenali shockbreaker baru dan bekas seperti di atas sangatlah penting agar Anda nantinya tidak tertipu membeli shockbreaker bekas. Lebih baik kunjungi toko shockbreaker mobil berkualitas dan tanyakan pada ahli agar mendapat shockbreaker yang tepat.

Related posts: