10-reasons-join-co-working-space-no-overlay-min-800x510
Bisnis

Pengertian Dan Pentingnya TDP

10-reasons-join-co-working-space-no-overlay-min-800x510

Menjalankan bisnis sendiri adalah salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk membangun karier. Selain karena pekerjaan yang semakin susah di dapat, menjalankan bisnis sendiri juga memiliki banyak keuntungan. Bahkan banyak orang yang memiliki cita-cita untuk dapat menjalankan bisnisnya sendiri. Sayangnya, untuk mendapatkan izin pembuatan PT atau perusahaan tidaklah mudah dan membutuhkan modal yang sangat besar. Selain itu, ada banyak dokumen yang harus dipersiapkan, serta prosedur pendirian bisnis yang harus diikuti. Salah satunya adalah persiapan dokumen yang menyangkut tentang semua profil perusahaan yang akan didirikan.

Syarat Mendirikan Bisnis Sendiri Atau Perusahaan

Mendirikan perusahaan atau perusahaan memang harus melalui proses yang lumayan panjang disertai dengan banyaknya dokumen yang harus dipersiapkan. Selain profil calon perusahaan, Akta Perusahaan, Izin Usaha, SK dari Kemenkumham, NPWP, Sertifikat BPJS, dan TDP juga dibutuhkan dalam proses pembuatan PT. Dari banyaknya syarat yang harus dipersiapkan, di sini penulis akan menjelaskan secara singkat mengenai TDP.

Mengenal TDP

TDP merupakan singkatan dari Tanda Daftar Perusahaan yang merupakan daftar berisi catatan resmi bahwa perusahaan terkait telah sah. Pengesahan dilakukan oleh pejabat daerah yang berwenang. Hal tersebut disesuaikan dengan UU nomor 3 tahun 1982 tentang Wajib Daftar Perusahaan. Ketentuan Tanda Daftar Perusahaan dijelaskan pada pasal 5 ayat 1 yang intinya mengatakan bahwa setiap perusahaan harus ada pada Daftar Perusahaan.

Perusahaan yang dimaksud dalam UU tersebut termasuk Koperasi, Perusahaan Asing, Perseroan Terbatas, Bentuk Usaha Lain, Firma, dan Persekutuan Komanditer. Setiap jenis usaha yang akan dijalankan memiliki perizinan sendiri-sendiri. Selain itu, setiap daerah juga memiliki kebijakan tersendiri mengenai usaha apa yang akan didaftarkan. Hal tersebut bertujuan untuk menyeimbangkan usaha dengan kebutuhan masyarakat daerah tersebut.

Pentingnya Tanda Daftar Perusahaan dalam proses pembuatan PT adalah untuk mengawasi, membina, dan mengarahkan kegiatan usaha dan bisnis yang akan dilakukan. Selain itu, dengan adanya TDP, pemerintah setempat juga dapat melindungi konsumen. Dengan demikian, keteraturan dalam berbisnis, ketertiban, dan arus bisnis dapat diawasi oleh pihak berwenang. Hal tersebut juga bertujuan untuk melakukan pemerataan usaha.

Related posts: