peluang-bisnis
Bisnis

Perlukah Adanya Pengembangan SDM dalam Suatu Perusahaan?

peluang-bisnis

Setiap orang yang memiliki suatu perusahaan kecil maupun besar, pastilah ingin memiliki perusahaan yang maju dan tetap terus bertahan hingga waktu yang cukup lama. Pastilah tidak ingin perusahaan yang sedang dirintis itu malah gulung tikar. Untuk mengatasi hal tersebut, ada banyak pertimbangan yang harus dikerjakan seperti salah satunya melakukan pelatihan untuk pengembangan SDM.

Apakah Perlu Mengeluarkan Biaya Untuk Pengembangan Sdm?

Pernahkah Anda mendengar tentang pelatihan SDM atau sejenisnya? Mungkin, Anda pernah mendapatkan cerita bahwa ada teman Anda yang ditugaskan untuk belajar mengenai bidangnya ke luar kota? Yaps, itulah yang dinamakan pelatihan untuk pengembangan SDM.

Setiap bidang yang ada pada perusahaan-perusahaan baik itu perusahaan dagang maupun perusahaan jasa memerlukan pelatihan untuk mengembangkan SDM yang mereka miliki. Bukankah mengikuti pelatihan seperti itu harus membayar, ya? Apalagi, untuk bidang-bidang tertentu, pasti biaya pelatihannya akan mahal sekali. Apakah perusahaan perlu mengeluarkan biaya pelatihan tersebut?

Selama Anda mengambil pelatihan yang dibutuhkan dengan kondisi perusahaan saat ini, tidak ada salahnya untuk mengeluarkan biaya untuk pelatihan tersebut. Toh, ujung-ujungnya perusahaan juga yang akan mendapatkan keuntungan dari pelatihan tersebut.

Rugi Atau Tidak?

Tentunya, jika Anda menanyakan rugi atau tidak semua itu tergantung pada bagaimana Anda menerapkan ilmu yang sudah didapat dari pelatihan tersebut. Anda harus benar-benar menunjuk karyawan yang dapat dipercaya dan memiliki loyalitas tinggi terhadap perusahaan untuk mengikuti pelatihan tersebut.

Dengan begitu, Ia akan mengikuti pelatihan tersebut dengan semangat dan melaporkan kepada Anda mengenai apa saja yang sudah Ia pelajari. Semua materi pembelajaran yang diikuti tidak menjadi sia-sia dan Anda bisa menerapkan ilmu tersebut untuk perusahaan. Dengan harapan perusahaan tersebut akan berkembang mengikuti perubahan zaman.

Untuk itu, rugi atau tidaknya mengikuti pelatihan tergantung pada kebutuhan pelatihan perusahaan saat itu, karyawan yang dikirim untuk mengikuti pelatihan, serta diterapkan atau tidaknya ilmu yang sudah didapatkan. Jadi, sangat penting untuk perusahaan mengambil pelatihan untuk pengembangan SDM dan perusahaan itu sendiri.

Related posts: