Resep Mudah Nasi Krawu Khas Gresik Yang Lezat

zonaresepJika kita mengenal nasi sebagai bahan makanan pokok yang kita santap setiap harinya tentu Anda juga mengetahui bahwa masakan nasi ada beberapa macam jenisnya bahkan setiap daerah memiliki macam masakan olahan nasi yang berbeda sesuai dengan khas dan cita rasa yang di miliki masing-masing. Kota Gresik salah satunya, di kota ini masakan olahan nasi yang sangat terkenal adalah nasi Krawu yang banyak di cari masyarakat khususnya kota Gresik karena kelezatannya yang tidak ada duanya. Mungkin sedikit berbeda dengan jenis nasi lainnya, namun sebenarnya masakan olahan nasi ini memiliki cara yang mudah dan praktis untuk Anda praktekkan di rumah Anda sendiri.

Cara Membuat Nasi Krawu Yang Sederhana

Nasi Krawu memiliki komposisi bahan yang sederhana serta mudah untuk di dapatkan di sekitar Anda. Di sajikan dengan cara yang tergolong unik yaitu nasi putih yang di bentuk seperti mangkuk di letakkan di bagian tengah kemudian di sekelilingnya akan di letakkan beberapa lauk pelengkap yang akan membuat makan Anda menjadi lebih nikmat. Makan nasi krawu ini lebih enak memang saat berada di daerah asalnya yaitu kota Gresik. Karena bagaimanapun juga,masakan khas daerah tentu akan lebih nikmat serta sangat terasa bumbu khasnya jika yang membuat adalah masyarakat asli Gresik.

Di bawah ini adalah beberapa cara mudah membuat nasi Krawu khas Gresik yang lezatnya tiada tara.

  • Daging

Salah satu lauk dari nasi Krawu yang di kenal kelezatannya adalah daging yang di masak dengan cara di presto hingga empuk dan kemudian di masak kembali dengan menggunakan tambahan santan kental hingga tekstur daging menjadi hancur karena inilah yang khas dari nasi Krawu. Pastikan Anda memotong daging dengan cara melawan serat dengan besar potongan sedang.

  • Serundeng

Sisa daging yang tersisa, bisa Anda gunakan untuk memberikan bumbu pada parutan kelapa yang akan semakin nikmat jika Anda tambahkan suwiran daun jeruk. Serundeng ini akan dijadikan pelengkap Nasi Krawu khas Gresik. Masak dengan cara di sangrai hingga kering.

  • Sambal terasi

Nasi Krawu ini juga lebih enakĀ  jika Anda menikmatinya dengan tambahan sambal terasi yang di jamin membuat lidah Anda bergoyang. Paduan cabai merah besar dan kecil dengan campuran bawang merah dan putih yang di goreng terlebih dahulu kemudian diuleg dengan tangan dan diberi sedikit terasi bakar akan sangat nikmat untuk di jadikan cocolan lauk nasi Krawu yang menjadi koleksi sumber zonaresep.

Related posts:

admin