8-khasiat-dan-manfaat-sawi-hijau-untuk-kesehatan-dan-efek-sampingnya
Kesehatan

Sawi Hijau untuk Kesehatan Tubuh

8-khasiat-dan-manfaat-sawi-hijau-untuk-kesehatan-dan-efek-sampingnya

Sayuran menjadi sumber nutrisi utama bagi tubuh. Ada banyak elemen penting yang tersedia dalam sayuran sehingga dapat membuat Anda menjadi sehat. Salah satu sayuran yang dapat Anda gunakan sebagai sumber nutrisi adalah sawi hijau. Tentu Anda kerap menemukan sayuran yang satu ini bukan? Sawi hijau kerap dijadikan sebagai olahan tumis dengan berbagai macam tambahan bahan lainnya. Rasanya yang khas membuat banyak orang ingin mengonsumsi sayuran yang satu ini. Selain rasanya yang enak dan lezat, sawi hijau mengandung berbagai nutrisi yang berfungsi untuk kesehatan tubuh.

4 Manfaat Sawi Hijau untuk Tubuh

Ada beberapa manfaat yang dapat Anda peroleh dari sawi hijau sebagai salah satu sayuran yang dapat menjaga kesehatan:

  1. Menyehatkan tulang

Sawi hijau mengandung vitamin K yang berfungsi untuk kesehatan tulang. Satu cangkir dari rebusan sawi hijau akan memberikan sekitar 770 mg vitamin K. Jumlah ini hampir memenuhi jumlah vitamin K yang dibutuhkan setiap harinya. Vitamin K dapat membantu mengurangi risiko tulang keropos. Vitamin K dapat membantu meningkatkan penyerapan kalsium, mengurangi sekresi kalsium, serta pengubah protein matriks.

  1. Mencegah kanker

Sawi hijau mengandung klorofil yang cukup tinggi dan sudah terbukti dapat membantu memblokir efek karsinogenik dari amina heterosiklik. Efek tersebut kerap ditemukan saat Anda memasak makanan yang dipanggang. Jika Anda kerap memasak makanan panggang, maka Anda dapat menambahkan elemen yang satu ini.

  1. Menyehatkan kulit serta rambut

Kandungan vitamin A pada tubuh dapat membantu Anda dalam memproduksi sebum yang dapat membuat rambut menjadi lebih lembab. Selain itu, kandungan vitamin C dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan kulit. Vitamin C berperan sebagai antioksidan yang sangat penting bagi tubuh.

  1. Membantu penyakit diabetes

Sawi hijau mengandung alpha-lipoic acid yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah, meningkatkan produksi insulin, serta  mencegah terjadinya oksidatif stres yang biasanya dialami oleh penderita diabetes.

Demikian beberapa manfaat yang dapat Anda peroleh dari sawi hijau untuk kesehatan tubuh. Jika Anda rajin mengonsumsi sayuran hijau, maka Anda dapat memperoleh banyak nutrisi lainnya.

Related posts: