image_20180120_072155
Kesehatan

Tanda-Tanda Terjadinya Penyakit Mata Katarak

image_20180120_072155

Penelitian menyatakan bahwa penderita penyakit mata katarak semakin meningkat setiap tahunnya. Bahkan, angka penyakit mata katarak di Indonesia masih menjadi yang paling tinggi di Asia Tenggara. Hal ini tentu saja menjadi pokok bahasan yang sangat perlu diperhatikan. Dengan banyaknya penderita katarak di Indonesia, maka pengobatan katarak bagi para penderitanya sangat penting untuk dilakukan. Pengobatan penyakit mata katarak wajib dilakukan sebab penyakit ini lambat laun bisa sampai pada kondisi yang sangat parah yaitu menimbulkan kebutaan. Lalu, apa yang dimaksud dengan penyakit mata katarak?

Pengertian Penyakit Mata Katarak

Anda tentu sudah sering mendengar istilah “mata katarak” bukan? Namun, tahukah Anda apa sebenarnya penyakit mata katarak itu? Ya, katarak merupakan suatu penyakit mata yang terjadi di lensa. Lensa mata yang seharusnya jelas menjadi buram dan keruh sehingga para penderitanya mengalami penurunan penglihatan. Katarak sendiri merupakan penyebab yang paling umum terhadap kehilangan penglihatan atau kebutaan pada orang dengan usia di atas 40 tahun. Selain itu, katarak juga menjadi penyebab utama bagi kebutaan di dunia. Karena dapat berakibat sangat fatal, maka pengobatan katarak sangat wajib dilakukan secepatnya. Penyakit katarak sendiri tidak hanya menyerang manula atau seseorang dengan usia di atas 40 tahun saja, penyakit ini ternyata juga bisa menyerang orang dewasa, remaja, anak-anak, bahkan bayi sekalipun. Ada beberapa ciri-ciri penyakit mata katarak sebagai berikut:

  • Mata menjadi tidak tahan terhadap cahaya atau mudah mengalami silau
  • Sering melihat banyak cincin pada sumber cahaya
  • Penglihatan atau pandangan mata mulai kabur
  • Penglihatan objek gambar menjadi ganda
  • Terdapat lukisan berwarna keruh atau berkabut di bagian mata
  • Mata terlihat lebih kuning atau cokelat

Ciri-ciri penyakit mata katarak cukup mudah untuk dikenali. Oleh karena itu, Anda harus lebih jeli dalam mengamati segala hal yang terjadi pada mata Anda. Sayangi mata Anda sehingga bisa terhindar dari penyakit yang cukup berbahaya ini. Namun, apabila penyakit mata katarak sudah mulai akut atau kronis, maka satu-satunya jalan yang harus dilewati adalah melakukan pengobatan katarak. Pengobatan penyakit ini dapat dilakukan dengan langkah operasi. Jika operasi berhasil, maka penyakit mata katarak tidak akan muncul lagi.

Related posts: