family-road-trip1507
Kesehatan

Tetap Sehat Meski Perjalanan Jauh

family-road-trip1507

Kita semua pasti pernah atau bahkan harus merasakan perjalanan jauh. Entah itu tuntutan suatu pekerjaan atau memang sebuah keharusan, seperti pada saat mudik lebaran misalnya. Selama perjalanan ada beberapa keadaan yang tidak biasanya kita alami seperti saat kita sedang menetap atau tidak dalam perjalanan jauh. Tentunya hal tersebut juga akan mempengaruhi kondisi tubuh kita. Oleh karenanya perlu perlakuan khusus agar tubuh kita tetap sehat meski sedang dalam perjalanan jauh.

Pastikan Sedang Dalam Keadaan Sehat Sebelum Memulai Perjalanan

Sebelum melakukan perjalanan alangkah baiknya jika kita melakukan perjalanan dengan kondisi yang sehat terlebih dahulu. Oleh karenanya sebelum melakukan perjalanan jauh hendaknya kita mengecek kondisi tubuh kita terlebih dahulu. Kondisi tekanan darah yang normal, penglihatan yang prima dan waktu istirahat yang cukup merupakan beberapa hal yang harus dipastikan sebelum melakukan perjalanan jauh. Jika salah satu dari ketiganya tidak sedang dalam keadaan yang prima, sebaiknya perjalanan jauh ditunda sampai kondisinya membaik. Jangan pernah memaksakan untuk tetap memulai perjalanan, karena hal tersebut akan membahayakan kesehatan Anda sendiri selama perjalanan.

Setelah kondisi tubuh Anda dipastikan dalam keadaan yang prima maka Anda bisa melakukan perjalanan. Ketika sedang dalam perjalanan beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kesehatan tetap terjaga antara lain :

1. Mengonsumsi Banyak Air Putih

Perjalanan yang jauh dan lama akan mengurangi cairan di dalam tubuh dalam jumlah yang banyak juga. Dehidrasi atau kekurangan cairan akan berpengaruh sangat buruk kepada kondisi kesehatan Anda, terlebih lagi Anda sedang dalam perjalanan.

2. Istirahat Yang Cukup

Meskipun Anda sedang dalam perjalanan, tetapi Anda juga harus memberikan waktu kepada tubuh untuk beristirahat. Lakukan istirahat secara periodik, misalnya 3 jam sekali atau beberapa jam sekali. Di saat Anda sedang beristirahat segera penuhi asupan yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan nutrisi lainnya yang dibutuhkan tubuh. Selain itu di sela-sela istirahat sempatkan melakukan peregangan agar tubuh Anda tidak kaku.

3. Konsumsi Obat Anti Mabuk

Jika Anda memang sering mengalami mabuk perjalanan, lebih baik Anda sediakan obat anti mabuk untuk mengantisipasi mabuk kendaraan. Mabuk kendaraan juga bisa dicegah dengan mengonsumsi camilan agar lambung Anda tidak kosong.

Related posts: