Kesehatan

Tips Memilih Buah Dan Sayur Sehat

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, dianjurkan untuk memakan buah dan sayur setiap hari. Selain memiliki serat dan vitamin yang banyak, buah dan sayur sangat berguna bagi kelancaran metabolisme tubuh. Namun, kita harus pintar-pintar memilih sayuran dan buah-buahan yang berkualitas. Karena kebanyakan, dalam proses penanamannya banyak petani yang menggunakan pestisida untuk membunuh hama dan berdampak juga bagi sayuran maupun buah-buahan yang terkena zat kimia tersebut.

Cara Memilih Sayuran Yang Sehat

Sayuran yang sehat adalah sayuran yang memiliki kandungan atau nutrisi yang banyak dan dibutuhkan tubuh. Tetapi, tidak hanya nutrisi saja yang kita pedulikan, kita juga harus memilih sayuran yang masih layak dan segar untuk di makan. Gimana caranya ?

  • Melihat dari Penampilan

Pilihlah sayuran yang masih terlihat segar, tidak berair, tidak lunak, tidak berbau busuk, tidak kusam, dan berwarna cerah.

  • Hati-hati dengan Pestisida

Biasanya sayuran yang bebas dari pestisida akan ada sedikit lubang atau bekas gigitan ulat. Tetapi tetap fokus memilih buah atau sayur yang segar, jika sudah busuk jangan dibeli.

Cara Memilih Buah Yang Sehat

Pernah lihat buah yang sudah lama tetapi masih tetap segar ? Hati-hati ketika membelinya, bisa jadi banyak zat kimia di dalamnya. Yuk belajar memilih buah yang sehat.

  • Hati-Hati dengan Buah Impor

Buah impor biasanya mengandung formalin atau zat pewarna lain yang membahayakan. Nah gimana caranya membedakan? Buah yang mengandung formalin biasanya terlihat segar dan mengkilap serta keras saat dipegang. Buah yang biasanya diberi formalin adalah apel, jeruk, anggur, dan lemon. Kalau produk lokal biasanya hampir tidak ada yang menggunakan formalin, jadi lebih baik konsumsilah produk lokal ya !

  • Buah Berwarna Merah dan Kuning

Pada dasarnya semua buah-buahan memiliki kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Tetapi untuk buah berwarna merah dan kuning seperti apel, jeruk, dan lain sebagainya memiliki kandungan serat serta vitamin yang banyak dan sangat berguna bagi tubuh. Jadi dianjurkan untuk memilih buah-buahan yang berwarna merah dan kuning.

Related posts: