image_20180522_105634
Kesehatan

Tips Menyusui Bagi Para Ibu Hamil

image_20180522_105634

Bulan Ramadhan tampaknya segera tiba, seluruh umat Muslim didunia tengah bersiap-siap untuk menyambutnya. Tak terkecuali untuk para ibu menyusui. Meski diperbolehkan untuk menunda puasa saat sedang menyusui, namun sebagian ibu menyusui tersebut tetap saja ingin ikut berpuasa dibulan suci ini. Tetapi kenyataannya, amankah bagi para ibu menyusui untuk berpuasa?

Amankah Berpuasa Untuk Ibu Menyusui?

Jika Anda bertanya-tanya apakah aman atau tidak untuk berpuasa saat menyusui, maka jawabannya adalah aman. Bagi bayi yang tengah disusui pun juga aman. Anda tak usah khawatir karena pada dasarnya saat berpuasa atau saat asupan kalori Anda berkurang, ASI Anda tidak lantas berkurang juga produktivitasnya. Misal berat badan Anda turun saat berpuasa, kondisi tersebut nantinya tidak akan mempengaruhi jumlah ASI yang dihasilkan, hanya mempengaruhi kandungan lemaknya saja.

Tips Menyusui Saat Berpuasa

  • Perhatikan asupan saat sahur

Sahur menjadi momen yang penting saat hendak berpuasa. Makanan dan minuman yang di konsumsi saat sahur nantinya akan dijadikan sebagai cadangan nutrisi serta kalori selama Anda menjalankan puasa. Maka dari itu bagi Anda para ibu menyusui akan lebih baik jika tidak melewatkan sahur. Pilihan makanan yang direkomendasikan yaitu sayur bayam, brokoli, katuk, ikan, telur, daging tanpa lemak serta kacang merah. Jika perlu, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin D, suplemen ini dikenal sangat bagus untuk ibu menyusui.

  • Cegah dehidrasi

Bagi ibu menyusui, puasa memang tidak berbahaya tetapi dehidrasi saat menyusui bisa menjadi hal yang berbahaya. Gejala yang timbul saat ibu menyusui mengalami dehidrasi adalah merasa haus, lemas, pusing, lelah dan mulut kering atau gejala lainnya. Jika sudah demikian, lebih baik Anda membatalkan puasa lalu minumlah air atau cairan yang memiliki kandungan elektrolit agar tubuh kembali terhidrasi. Oleh karena itu, ibu menyusui disarankan agar minum lebih banyak saat sahur dan berbuka.

  • Istirahat yang cukup

Buatlah jadwal untuk beristirahat agar rasa lemas dan lesu akan berkurang. Anda dapat beristirahat dengan cara berbaring atau merelakskan pikiran. Jangan biarkan badan Anda tumbang akibat kelelahan saat berpuasa.

Related posts: