Merawat Sablon Kaos Agar Awet
Bisnis

Tips Merawat Kaos Sablon Agar Awet

Merawat Sablon Kaos Agar Awet

Seni sablon saat ini menjadi trend untuk membuat variasi motif pada pakaian polos. Anda bisa menuangkan kreativitas tanpa batas yang dituangkan ke lembaran-lembaran kaos desain Anda. Anak-anak muda juga lebih nyaman memakai baju kaos daripada baju resmi. Maka dari itu, banyak percetakan kaos yang berdiri di kota-kota besar. Tingginya permintaan pasar, kaos sablon kini menjadi produk yang banyak dicari.

Merawat Kaos Sablon

Seperti jenis kaos, sablon juga memiliki tingkat kualitas. Namun, Anda bisa merawatnya agar tidak mudah rusak dan mengelupas. Ada beberapa faktor yang menyebabkan sablonan mudah rusak antara lain jenis sablonan dan juga jenis kain yang digunakan. Jenis sablonan yang mudah sekali rusak karena kasus sepele adalah sablon plastisol. Sablonan ini mudah rusak dan mudah meleleh bila terkena panas akibat setrika. Percetakan kaos yang menawarkan harga murah biasanya menggunakan jenis sablon plastisol.

Maka dari itu, untuk menghindari sablonan meleleh, saat menyetrika sebaiknya bagian yang disablon dilapisi dengan kain lagi. Tujuannya agar permukaan sablon tidak tersentuh langsung dengan permukaan panas setrika. Selian karena jenis sablon, jenis kaos juga mempengaruhi keawetan sablon. Kaos yang mudah merenggang dapat merusak sablon. Tipsnya, bila Anda ingin mencuci kaos baru, jangan direndam terlalu lama dan terlalu banyak detergen. Hal ini dapat merusak serat kain dan juga dapat membuat sablon mudah terkelupas.

Rendamlah 10-15 menit saja dengan detergen secukupnya. Jangan pula memeras kain dengan kuat.  Perasan yang kuat dapat membuat kain menjadi merenggang dan kainnya rusak. Pisahkan kain yang berwarna putih dan yang berwarna untuk menghindari kena luntur. Jangan sekali-kali Anda menyikat kain katun karena dapat merusak seratnya.

Setelah itu, jemur dengan bagian dalam berada di luar. Cuci dengan tangan saja dan ringan saja. jangan Anda mencuci dengan mesin karena membuat kaos menjadi melar. Setelah kering, setrika dan simpan di dalam lemari dengan baik agar kain tetap rapi.

Demikian tips merawat kaos sablon dengan baik. Pilih percetakan kaos yang berkualitas agar pakaian Anda juga berkualitas.

Related posts: