Tujuan dari Akreditasi Jurusan Diterapkan Pada Sekolah dan Perguruan Tinggi

akreditasi jurusanApakah Anda kini seorang mahasiswa? Ataukah mungkin Anda merupakan calon mahasiswa? Nah jika sat ini Anda merupakan mahasiswa maka Anda tentunya pernah mengalami suatu hal seperti ini “ dulunya Anda ingin memilih suatu jurusan misal Biologi di Undip ataukah Unsoed?” lalu teman Anda ada yang menyarankan di Undip, alasannya akreditasi jurusan Biologi di Undip jauh lebih baik daripada di Unsoed dan ada yang menyarankan untuk memilih Biologi di Unsoed saja dengan alasan bahwa Biologi di Unsoed akreditasinya jauh lebih baik daripada di Undip. Nah artikel ini akan membahas itu semua mengenai akreditasi. Hal ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi yang berniat ingin mendaftar dalam sebuah jurusan di perguruan tinggi tertentu.

Tujuan Akreditasi Jurusan Diterapkan

Nah berbagai pilihan pastilah ada saat hendak mendaftar kuliah yang salah satunya dilema menentukan mana akreditasi jurusan terbaik yang pantas untuk dipilih. Mengenai hal itu diterapkan bahwa adanya akreditasi ini digunakan untuk menstandarisasi badan penjaminan mutu dari sebuah perguruan tinggi tertentu. Jadi dengan kita mengetahui mengenai mutu perguruan tinggi tersebut, maka setidaknya kita juga mempunyai ancang-ancang apakah diri kita harus memilih jurusan tersebut ataukah tidak. Dalam kaitannya dengan pendidikan tinggi, akreditasi sangatlah dibutuhkan dan ini sangat penting karena akreditasi ini menyangkut mengenai masa depan dari mahasiswa yang ada di universitas tertentu atau yang berada di jurusan tertentu.

Hal-hal yang dinilai dari sebuah akreditasi adalah : standar isi, proses, kompetisi lulusan, pendidik dan tenaga kependidikan, ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan, pengelolaan program studi, standar pembiayaan, standar penilaian, standar penelitian dan standar pengabdian masyarakat. Patokan nilainya adalah sebagai berikut : nilai 361-400 mendapat nilai akreditasi A, 301-360 mendapat nilai akreditasi B, 201-300 mendapat nilai akreditasi C dan selanjutnya <201 statusnya NA. Sedangkan tujuan diadakan akreditasi ini adalah yang pertama untuk menginformasikan kinerja institusi perguruan tinggi atau universitas kepada masyarakat agar masyarakat bisa tahu mana universitas yang terbaik dan mana yang tidak dan kedua untuk mengetahui kekurangan dalam rangka untuk memperbaiki kinerja pihak-pihak yang ada dalam suatu universitas atau jurusan yang sedang diakreditasi. Begitulah kiranya manfaat dilakukannya akreditasi jurusan.

Related posts:

admin