W.R. Soepratman Pencipta Lagu Indonesia Raya Legendaris

lagu indonesia rayaBanyak komponis terbaik yang lahir dibangsa ini. Namun, ada berapa komponis yang dengan karyanya mampu membawa negara Indonesia meraih kebebasan dari kesemena-menaan penjajah. W.R. Soepratman hadir sebagai salah satu tokoh terbaiknya. Pencipta lagu Indonesia Raya ini mampu membawa negara Indonesia meraih kemerdekaan dengan cara khasnya sendiri. Bisa dikatakan karya beliau ini sebagai karya paling legendaris sepanjang masa. Bagaimana tidak, karya beliau ini selalu diperdengarkan dari 88 tahun yang lalu tanpa vacum walaupun hanya satu minggu saja sampai sekarang. Banyak alasan lain kenapa lagu karya beliau ini pantas mendapat julukan lagu paling legendaris sepanjang masa berikut ulasan singkatnya.

Pencipta Lagu Indonesia Raya Dan Karya Legendarisnya

Bukan suatu hal yang berlebihan jika gelar demikian di sandang oleh lagu tersebut. Pencipta lagu Indonesia Raya ini benar-benar mampu membuktikan hal itu. Meski dengan perjuangan yang luar biasa hingga beliau tak sampai menikmati jerih payahnya tersebut. Namun, rakyat Indonesia patut berbangga diri memiliki pahlawan yang luar biasa dengan berbagai cara membela negara. Bukti begitu legendarisnya lagu ini terlihat dari berbagai penghargaan yang beliau raih diantaranya; lagu Indonesia Raya dijadikan lagu kebangsaan yang mana hal ini diatur dalam Undang-Undang Sementara Republik Indonesia pasal 3 ayat 2 Sebagai lagu kebangsaan. Lagu ini akan terus dinyanyikan dalam setiap upacara kemerdekaan Republik Indonesia dan upacara bendera disekolah maupun instansi pemerintahan mana pun yang ada di Indonesia.

Kemudian untuk menghargai perjuangan beliau dengan menciptakan lagu tersebut, wajah beliau diabadikan dalam cetakan uang kertas 50 ribu rupiah. Selain itu juga terdapat museum yang menjadikan biola yang dimainkan beliau saat memperkenalkan lagu Indonesia raya untuk pertama kalinya serta penghargaan beliau yang lain sebagai koleksi terbaik mereka. Dan masih banyak lagi penghargaan yang membuktikan jika lagu karya W.R. Soepratman ini merupakan lagu legendaris sepanjang masa yang mungkin belum disebutkan dalam artikel ini. Demikian ulasan singkat mengenai pencipta lagu Indonesia Raya paling legendaris semoga dapat memberi manfaat untuk banyak orang.

Related posts:

admin