Warga Jogja Berhak Mendapat Apartemen Murah

apartemen murahPemerintah Kota Yogyakarta telah merilis peraturan daerah atau perda mengenai pembangunan rumah susun dan apartemen yang salah satu isinya akan sangat menggembirakan warga Jogja, khususnya yang memiliki penghasilan rendah. Mengapa demikian? Dalam peraturan daerah tersebut disebutkan bahwa 20% dari total unit merupakan apartemen murah yang dikhususkan bagi warga berpenghasilan rendah. Menarik, ya sobat? Nah, kira-kira bagaimana teknisnya? Berikut penjelasannya.

Apartemen Murah Bagi Warga Jogja Berpenghasilan Rendah

Apartemen hendaknya dapat dinikmati semua kalangan, tidak hanya mereka yang memiliki penghasilan tinggi, namun juga dapat dirasakan oleh masyarakat ekonomi menengah ke bawah. Prinsip inilah yang sedang dikembangkan oleh pemerintah kota Yogyakarta demi terwujudnya kesetaraan bagi warganya. Sebagai salah satu ikon wisata, Yogyakarta tumbuh dengan berbagai investasi, tidak terkecuali di bidang hunian atau apartemen. Sayangnya, sasaran apartemen tidak lain adalah mereka yang berada pada posisi ekonomi atas. Untuk itulah, melalui perda, pemkot Jogja mencanangkan program 20% apartemen murah untuk warga Jogja yang berpenghasilan rendah. Sebagai contoh, jika sebuah pengembang membangun 100 unit apartemen, maka 20 unit diantaranya harus dialokasikan untuk warga tersebut. Adapun lokasi pembangunannya dapat dijadikan satu tempat atau berbeda asalkan masih dalam satu kawasan, yakni kota Jogja. Selain itu, harga yang ditawarkan pun harus maksimal Rp7 juta per meter persegi. Mungkin terdengar cukup mahal, namun faktanya, harga tanah di Jogja pun cukup tinggi, sehingga pembangunan apartemen memerlukan biaya yang sebanding.

Lalu bagaimana caranya agar dapat menarik konsumen? Beberapa pengembang pun sudah memiliki strategi khusus seperti penawaran tanpa uang muka dan tanpa bunga cicilan. Ada beberapa lokasi yang ditawarkan baik di pusat kota maupun di pinggiran. Cukup menarik ya, sobat? Semoga perda ini benar-benar bisa menjadi payung hukum bagi pembangunan apartemen murah bagi warga sekaligus sebagai bentuk kesetaraan bagi warga kota Yogyakarta. Nah, bagi Anda warga Jogja, semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menjadi referensi Anda memiliki hunian yang nyaman di kota istimewa.

Related posts:

admin