Yuk Intip Proses Pembuatan Liontin Emas

liontin emasLiontin jenis emas? Siapa yang tidak menginginkan perhiasan tersebut menempel di leher kita terutama wanita. Liontin emas merupakan salah satu perhiasan yang kini banyak dikenakan dan banyak di cari oleh kaum hawa. Liontin dapat digunakan untuk menyempurnakan performa kalung serta dapat juga digunakan sebagai investasi. Liontin juga dapat dijadikan sebagai hadiah yang istimewa dan berharga bagi perempuan. Desain liontin selalu mengalami perkembangan di setiap detiknya mulai dari berbentuk bulat, bertatahkan permata, funky, sederhana, hingga yang terbaru berbentuk molekul dalam struktur kimia. Liontin dibuat melalui serangkaian proses panjang yang tidak kita ketahui karena kebanyakan dari kita hanya melihat setelah liontin tersebut jadi.

Proses Pembuatan Liontin Emas Yang Patut Kita Ketahui

Proses pertama pembuatan liontin emas adalah berawal dari emas batangan yang diproses melalui suatu penggilingan untuk mendapatkan bentuk dan ukuran sesuai. Perlu diketahui bahwa setiap emas baik itu cincin, gelang, kalung, atau pun liontin berasal dari bentuk yang sama yaitu emas batangan yang telah diproses sedemikian rupa sehingga menghasilkan bentuk yang sempurna. Kemudian setelah proses penggilingan selesai emas yang belum berbentuk itu diserut dalam sebuah lubang khusus yang telah disediakan untuk membuat bentuk yang diinginkan entah itu spiral, bentuk bulat, bentuk sederhana, mahkota, atau pun bentuk menarik yang lainnya. Setelah emas tersebut mulai terbentuk dengan pola yang diinginkan, kemudian selanjutnya memasuki tahapan penyepuhan yaitu pencucian dengan menggunakan campuran beberapa cairan seperti tawas, garam dan juga sendawa dengan komposisi tersendiri. Kemudian tiga bahan tersebut dilarutkan ke dalam air hingga terbentuk suatu larutan. Kemudian setelah itu liontin yang hampir jadi tersebut dibakar pada suhu yang ideal menggunakan pompa bensin lalu dicuci dengan menggunakan sweapel, lalu dimasak dengan air hingga berubah menjadi kecokelatan lalu dinginkan. Setelah dingin, yaitu memasuki tahap finishing yaitu dikilaukan dengan menggunakan sengki.

Demikian sedikit ulasan tentang proses pembuatan liontin emas. Ternyata proses pembuatan liontin memakan proses yang lama dan rumit sebelum mendapatkan bentuk yang indah dan juga menawan. Emas tersebut harus ditempa sedemikian rupa agar dapat berguna dan menjadi favorit di kalangan wanita.

Related posts:

admin